Bagar Asam, Kuliner Ikan Dari Laut Bengkulu

Bagar Asam, Kuliner Ikan Dari Laut Bengkulu

JAKARTA, RADARPENA - Kuliner ikan laut dari Provinsi Bengkulu, rupa dan jenisnya banyak sekali. variasi serba ikan terutama ikan laut di Bengkulu, mengingat Provinsi ini sepanjang Pantai Baratnya adalah laut Samudra Hindia yang dari dulu terkenal akan keanekaragaman ikan-ikan yang ada didalamnya.

Satu diantara masakan laut dari Bengkulu itu,  dikenal dengan nama Bagar Asam. Penambahan, kata Asam, kemungkinan karena rasa kuah dari  Bagar Asam ,memang sedikit rasa manis-manis asam , karena memakai potongan buah tomat.  Citra rasa tomat cukup kuat di masakan Bagar Asam. Tomat juga mampu menetralisir bau ikan yang kadang sedikt amis .

Makanan Bagar Asam ini digemari masyarakat Bengkulu dan wisatawan yang melancong. ke Provinsi yang berpenduduk sekitar 2 jiwa ini. Ikan laut yang dipakai juga bukan ikan biasa melainkan ikan kakap yang banyak terdapat di Laut Bengkulu. Bisa juga Ikan kerapu atau ikan Jenihin

Bagar Asam gurih rasanya. Cocok disantap bersama dengan nasi putih.. Bagar Asam tidak menggunakan santan, sehingga bagi anda yang dilarang memakan santan sangat cocok jika mencoba jenis masakan ikan asli Bengkulu yang satu ini.  Ini sesuai namanya. Bagar artinya masakan ikan yang tidak menggunakan santan.  Bagar ini sangat dominan masakan dari wilayah Kota Bengkulu.

Berikut Cara membuat Bagar Asam:

Bahan-bahan Bagar Asam Khas Bengkulu

  • Ikan Kakap ½ kilogram
  • Tomat 1 Buah
  • Lengkuas 1 jari
  • Jahe ½ jari
  • Kunyit ½ jari
  • Cabai merah 5 buah
  • Air  500 ml
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara memasak Bagar Asam

Semua bumbu-bumbu dihaluskan terlebih dahulu. Setelah halus selanjutnya ditumis diatas wajan dengan memakai sedikit minyak goreng.  Setelah berbau harum, lalu masukkan tomat yang sudah dibelah menjadi dua bagian.

Setelah itu masukkan air bersih sebanyak 500ml, setelah mendidih masukkan ikan yang telah dibersihkan.

Kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya . Setelah itu dicicip dahulu, Jika terasa sudah cukup. Bagar Asam khas Bengkulu siap disajikan bersama dengan potongan mentimun dan daun kemangi.  

Semua bagian ikan Kakap sangat nikmat dijadikan gulai bagar asam. Bahkan bagian kepalanya sekalipun. Harga  Bagar asam terutama bagian kepalanya cukup mahal. Meski begitu masyarakat banyak yang suka dan membelinya, mengingat bagian kepala kaya akan zat-zat untuk  kecerdasan otak, terutama untuk anak-anak untuk tumbuh kembangnya (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: