Mengenal Artificial Intiliigence atau Kecerdasan Buatan, Pengertian dan Kegunaannya

Mengenal Artificial Intiliigence atau Kecerdasan Buatan, Pengertian dan Kegunaannya

JAKARTA, RADARPENA - Artificial Intilligence (AI) atau kecerdasan buatan, sudah banyak diterapkan di dalam kehidupan manusia. Bahkan AI bisa kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten virtual Google dan Siri contohnya.

Kecerdasan buatan memang bukan hal yang baru, perkembangannya selalu menjadi sesuatu yang menarik perhatian manusia. Saat ini hampir semua perangkat komputer atau teknologi modern telah banyak menerapkan  Kecerdasan buatan. AI diprediksi akan terus berkembang dan lebih cerdas lagi dan kamu tidak dapat menghindarinya.

Pengertian Artificial Intilligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merujuk pada pengembangan sistem komputer atau mesin yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.
AI meniru kecerdasan manusia yang diterapkan ke dalam mesin, sehingga memungkinkan mesin untuk mempersepsi, berpikir, belajar, dan membuat keputusan secara otonom.

Dalam mereplika atau meniru kecerdasan manusia, AI mencakup berbagai teknik, yakni meliputi:

BACA JUGA:8 Aplikasi Download Lagu di Android, Dijamin Cepat dan Gratis Loh

1. Neural Networks

Jaringan saraf adalah model komputasi yang terinspirasi dari struktur dan fungsi otak manusia. Jaringan saraf terdiri dari simpul yang saling terhubung (neuron buatan) yang memproses dan mengirimkan informasi. Jaringan saraf umumnya digunakan untuk tugas-tugas seperti pengenalan gambar dan pengenalan suara.

2. Natural Language Processing (NLP)

NLP berfokus pada kemampuan komputer untuk memahami, menafsirkan, dan menghasilkan bahasa manusia. Ini melibatkan tugas-tugas seperti terjemahan bahasa, analisis sentimen, dan interaksi dengan chatbot.

3. Machine Learning

Melibatkan pelatihan sistem komputer untuk belajar dari data dan meningkatkan kinerjanya seiring waktu tanpa harus diprogram secara eksplisit. Algoritma machine learning dapat mengenali pola, membuat prediksi, dan mendapatkan wawasan dari kumpulan data besar.

BACA JUGA:Inilah Trik Cara Melacak Hp Yang Hilang, Nomer Dua Paling Mudah

4. Computer Vision

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: