Minum Kopi Hitam Bisa Menurunkan Nafsu Makan, Cocok Untuk Diet, Cek Faktanya

Minum Kopi Hitam Bisa Menurunkan Nafsu Makan, Cocok Untuk Diet, Cek Faktanya

JAKARTA, RADARPENA - Kopi seringkali dijadikan minuman yang dapat  menurunkan berat badan. Minuman bercita rasa pahit ini diyakini dapat turunkan nafsu makan.

Salah satu minuman yang dipercaya baik untuk diet adalah kopi. Jadi, kopi tidak hanya membantu kita lebih "melek", tetapi juga dapat mengontrol berat badan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Minum Kopi Hitam Bisa Menurunkan Berat Badan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2023/01/12/140000923/apakah-minum-kopi-hitam-bisa-menurunkan-berat-badan-?page=all.
Penulis : Lulu Lukyani
Editor : Lulu Lukyani

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Jadi, kopi tidak hanya membantu kita lebih "melek", tetapi juga dapat mengontrol berat badan. Cek faktanya!

Kopi adalah minuman diet yang paling digemari, karena banyak mengandung manfaat kesehatan pada tubuh. Kandungan kafein pada kopi berguna dapat meningkatkan sistem imunitas.

Tak hanya menjaga sistem imunitas tubuh, kopi ternyata dapat menurunkan berat badan. Lalu bagaimana cara bekerjanya, apakah bisa menurunkan nafsu makan?

BACA JUGA:Cara Screenshot di Laptop atau Komputer dengan Mudah dan Cepat

Ahli diet bersertifikat. Dan LeMoine mengatakan, "Ini (kopi) adalah stimulan alami, sehingga meningkatkan sistem metabolisme yang dapat menurunkan nafsu makan sementara."

Tetapi ternyata dapat mampu menekan nafsu makan. Hal ini pula diperkuat dengan penyataan seorang ahli diet bernama Geoff Borro, "Hampir semua stimulan akan menekan nafsu makan termasuk kafein, guarana, dan synephrine."

Tak hanya karena stimulan, namun efek hormonal dari kopi dan kafein juga berperan dalam rasa lapar. Kopi disebut dapat meningkatkan kadar hormon adrenalin atau kortisol yang dapat mengurangi rasa lapar.

BACA JUGA:Mengenal Ragam Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

BACA JUGA:Lapangan Ditutup Kain Hitam, Anak Asuh STY Sedang Dilatih Keras

Efek 'termogenik' itulah nama Efek yang berperan dalam meningkatkan metabolisme dan bertindak sebagai pembakar lemak. Sehingga kopi dapat menjadi alternatif minuman diet yang sangat baik dikonsumsi setiap hari kalau ingin menekan rasa lapar. Sebaiknya diminum pagi hari, karena dapat menekan rasa lapar saat makan siang dengan porsi yang sedikit. Tepatnya 1-4 jam sebelum makan siang.

Perhatikan juga asupan kopi per hari yang aman bagi tubuh. Menurut FDA, sebanyak 400 miligram kafein per hari aman bagi tubuh manusia, takaran tersebut setara dengan 4 gelas kopi sehari.

Namun terlalu banyak mengonsumsi kopi juga tidak baik karena dapat memberikan efek samping yang buruk. Salah satunya dapat menyebabkan insomnia, apalagi jika mengonsumsinya terlalu dekat dengan waktu tidur.

BACA JUGA: Buruan! Cek Cara Pengajuan Akun PPDB Jateng 2023 Serta Link Pakta Integritas Jenjang SMA SMK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: