Doa Memotong Kuku Lengkap Tata Cara, Waktu Terbaik, dan Keutamaannya dalam Islam

Jumat 25-10-2024,16:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memotong kuku dalam Islam bukan sekadar aktivitas kebersihan fisik, tetapi juga memiliki nilai ibadah dan bentuk pengamalan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Kuku yang panjang dapat menjadi sarang kotoran yang bisa mengganggu kebersihan, sehingga menjaga kuku tetap pendek adalah bagian dari menjaga kebersihan diri, yang dikenal dalam Islam sebagai thaharah. 

Selain itu, ada doa dan tata cara khusus yang dianjurkan ketika memotong kuku. Artikel ini akan mengulas tentang doa, tata cara, dan waktu terbaik memotong kuku menurut ajaran Islam.

Dengan mengikuti doa, tata cara, dan waktu terbaik yang telah diajarkan, seorang muslim dapat menjalankan ibadah sederhana ini dengan penuh keberkahan.

Sebab, selain menjaga kebersihan tubuh, memotong kuku juga menjadi bagian dari upaya menjaga kesucian jiwa dan kedekatan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:

Doa Memotong Kuku

Di dalam Islam, setiap tindakan yang dilakukan selalu diawali dengan niat dan doa agar mendapatkan keberkahan. Begitu juga saat memotong kuku, dianjurkan untuk membaca doa. 

Membaca doa memotong kuku ini bertujuan agar tindakan yang dilakukan tidak hanya sebatas menjaga kebersihan fisik, tetapi juga menjaga kebersihan jiwa. 

Salah satu doa yang dianjurkan ketika memotong kuku adalah sebagai berikut, sebagaimana tercantum dalam buku Tuntunan Doa & Zikir untuk Segala Situasi & Kebutuhan karya Ali Akbar bin Aqil.

بِسْمِ اللهِ وَ بِاللهِ، وَ عَلَى سُنَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.

Bismillaah wa billaah, wa 'alaa sunnati sayyidinaa Muhammad wa aali sayyidinaa Muhammad.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah dan dengan pertolongan Allah, serta mengikuti jejak junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya.”

Dengan mengucapkan doa ini, seseorang memohon pertolongan kepada Allah agar tindakannya sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW dan mendapat ridha dari-Nya.

Tata Cara Memotong Kuku dalam Islam

Meskipun tidak ada hadits yang secara langsung menyebutkan urutan khusus dalam memotong kuku, ada beberapa contoh yang bisa diikuti dari kebiasaan Rasulullah SAW. Dalam ajaran Islam, dianjurkan untuk memulai segala sesuatu dari sisi kanan. 

Kategori :