9 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Tidur agar Lebih Nyenyak

Minggu 20-10-2024,18:10 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan tidur nyenyak, dan salah satu faktor yang bisa memengaruhinya adalah apa yang Anda konsumsi sebelum tidur. 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya perhatikan apa yang Anda makan dan minum, terutama dalam tiga hingga empat jam sebelum tidur.

Sebab, beberapa jenis makanan dan minuman dapat mengganggu tidur Anda dan membuat tubuh sulit beristirahat. 

Dengan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelum tidur, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan merasa lebih segar serta berenergi keesokan harinya.

Lantas, apa saja jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi sesaat sebelum tidur? Berikut ini sembilan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sebelum tidur:

BACA JUGA:

1. Kopi

Kopi mengandung kafein, stimulan yang dikenal dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan. Mengonsumsi kopi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat Anda tetap terjaga. 

Bahkan, beberapa orang yang sensitif terhadap kafein bisa mengalami gangguan tidur meski mengonsumsinya beberapa jam sebelumnya.

2. Teh Hijau dan Teh Hitam

Meski teh hijau dan hitam memiliki manfaat kesehatan, keduanya mengandung kafein. Teh hijau memang mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi, namun tetap bisa memengaruhi tidur jika diminum pada malam hari. Selain itu, teh juga memiliki senyawa yang dapat membuat tubuh lebih terjaga dan aktif.

3. Minuman Berenergi

Seperti kopi, minuman berenergi penuh dengan kafein dan gula. Kafein di dalamnya dapat memicu insomnia, sementara kadar gula yang tinggi juga dapat meningkatkan lonjakan energi yang mengganggu tidur.

4. Cokelat

Cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung kafein dan teobromin, dua stimulan yang dapat mempercepat detak jantung dan menyebabkan kegelisahan. Ini tentunya tidak ideal jika Anda ingin tidur nyenyak.

Kategori :