200 Aplikasi Berbahaya Nyusup di Google Play, Diunduh 8 Juta Kali!

Sabtu 19-10-2024,21:04 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Radarpena.co.id,Jakarta - Lebih dari 200 aplikasi berbahaya menyusup ke Google Play Store dalam satu tahun terakhir. Dari ratusan aplikasi berbahaya ini tercatat total unduhan mencapai delapan juta kali.

Temuan ini muncul dari laporan terbaru yang diterbitkan oleh tim peneliti ancaman siber di Zscaler. Mereka melakukan analisis terkait masalah ini dari Juni 2023 hingga April 2024.

BACA JUGA:NASA Tawarkan Hadiah Rp46,6 Miliar bagi Kamu yang Punya Solusi Permasalahan Ini

Daftar Ancaman Siber Paling Menonjol di Google Play

Menurut laporan Bleeping Computer pada Kamis, 17 Oktober 2024, beberapa ancaman siber paling menonjol di Google Play adalah sebagai berikut:

  • Joker (38,2%): Jenis malware ini dirancang untuk mencuri data pribadi serta pesan SMS, dan dapat secara tidak sah mendaftarkan korban pada layanan premium.
  • Adware (35,9%): Aplikasi jenis ini tidak hanya menguras kuota internet dan daya baterai, tetapi juga menampilkan iklan yang mengganggu di perangkat pengguna.
  • Facestealer (14,7%): Trojan ini berfungsi untuk mencuri kredensial akun Facebook melalui formulir phishing yang menyerupai aplikasi media sosial yang sah.
  • Coper (3,7%): Malware ini mampu mencuri informasi, menyadap SMS, serta melakukan keylogging dan overlay phishing.
  • Harly (1,4%): Trojan ini memaksa pengguna untuk berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan mereka.
  • Anatsa (0,9%): Trojan perbankan ini menargetkan lebih dari 650 aplikasi bank di seluruh dunia.

BACA JUGA:Alasan Pengguna Android Pindah ke iPhone, Apa saja Kelebihannya?

Zscaler juga mencatat pada Mei 2024 adanya lebih dari 90 aplikasi berbahaya lainnya yang diunduh sebanyak 5,5 juta kali di Google Play. Google sebenarnya telah mengimplementasikan berbagai mekanisme keamanan untuk mendeteksi aplikasi berbahaya.

BACA JUGA:Musk Empire: Petualangan Digital Menggali Kekayaan ala Elon Musk

Namun, para penjahat siber masih mampu menemukan celah untuk menerobos sistem keamanan. Salah satu metode yang digunakan adalah 'versioning', di mana malware dikirim melalui pembaruan aplikasi atau server yang dikuasai oleh penyerang.

Untuk meminimalkan risiko dari aplikasi berbahaya di Google Play, pengguna disarankan untuk selalu membaca ulasan dan memeriksa izin aplikasi sebelum melakukan instalasi.

Jika sebuah aplikasi meminta izin yang tidak sesuai dengan fungsinya, disarankan untuk segera membatalkan instalasi.

Kategori :