Inilah 10 Stasiun Tertinggi di Indonesia Milik KAI, Terbanyak Ada di Daop 2 Bandung

Jumat 18-10-2024,10:22 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - KAI memiliki beragam stasiun kereta api yang menarik dan menakjubkan. Salah satunya stasiun-stasiun yang terletak di dataran tinggi. 

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, dari 10 stasiun tempat tertinggi tersebut, 8 stasiun diantaranya berada di wilayah Daop 2 Bandung, sedangkan dua lainnya berada di wilayah Daop 1 Jakarta dan Daop 4 Semarang.  

“Kehadiran stasiun-stasiun ini kami harap dapat menjadi aksesibilitas bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata indah yang ada di Indonesia yang tentunya akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar dari sektor pariwisata," kata Anne.

Berikut adalah sepuluh stasiun tertinggi di Indonesia :

1. Stasiun Nagreg (+948 m)

Stasiun tertinggi di Indonesia ini terletak di Kabupaten Bandung dan beroperasi sejak 1890. Stasiun kelas III ini memiliki tiga jalur, dengan dua jalur yang aktif. Stasiun Nagreg adalah simbol dari sejarah perkeretaapian di Indonesia dan menjadi tantangan tersendiri bagi operator kereta api karena gradien curam di sekitarnya.

2. Stasiun Lebak Jero (+818 m)

BACA JUGA:KAI Bangun Stasiun Baru di Jalur Green Line Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung, Target Operasi 2025

BACA JUGA:Gandeng INKA, KAI Pastikan Keandalan Operasional Layanan LRT Jabodebek Tanpa Masinis

Juga terletak di Kabupaten Bandung, Stasiun Lebak Jero adalah stasiun kelas III yang hanya disinggahi oleh kereta api lokal rute Purwakarta-Cibatu. Keindahan alam di sekitar stasiun ini membuatnya menjadi lokasi favorit bagi para railfans. Kami sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat terhadap perkeretaapian.

3. Stasiun Cipeundeuy (+772 m)

Dikenal sebagai "stasiun sakti," Cipeundeuy adalah titik wajib bagi semua kereta api untuk pemeriksaan rem sebelum melewati jalur terjal. Hal ini menunjukkan pentingnya keselamatan dalam operasi kereta api. Kami selalu mengutamakan keselamatan penumpang.

4. Stasiun Andir (+750 m)

Terletak tidak jauh dari pusat Kota Bandung, Stasiun Andir adalah stasiun kecil yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat turun naik penumpang KA Lokal.  Meskipun tidak sebesar stasiun lainnya, Andir memiliki akses mudah dan menjadi titik transit bagi banyak penumpang. Keberadaan stasiun ini membantu memudahkan perjalanan masyarakat di kawasan sekitar.

5. Stasiun Cimindi (+736 m)

Kategori :