Viral Medsos! Smelter PT Freeport Indonesia Alami Kebakaran Hebat

Selasa 15-10-2024,07:14 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Radarpena.co.id,Jakarta - Sebuah video yang menampilkan kebakaran di smelter PT Freeport Indonesia (PTFI), Gresik, viral di media sosial Senin 14 Oktober 2024. Pihak PT Freeport Indonesia membenarkan dan memastikan telah berhasil memadamkan api kebakaran dengan baik.

"Seluruh karyawan telah dipastikan aman dan tidak ada cedera yang dilaporkan. Keselamatan seluruh karyawan adalah prioritas utama kami," kata Katri Krisnati VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia. 

Menurutnya, kebakaran di pabrik asam sulfat smelter PTFI, di KEK Gresik terjadi Senin, 14 Oktober 2024 pukul 17.45 WIB. KEK adalah kawasan ekonomi khusus di Kawasan Gresik yang menghadap Selat Madura.

Tim tanggap darurat PTFI telah bergerak cepat untuk menangani. Dalam waktu relatif singkat, dukungan dari lembaga/perusahaan dan pemerintah daerah di Gresik telah tiba untuk membantu dan tetap berada di lokasi untuk bersama memantau situasi.

BACA JUGA:Kominfo Berikan Teguran Atas Indikasi Transaksi Judi Online, Gopay dan DANA Buka Suara

 

"PTFI akan melakukan asesmen dari kerusakan yang terjadi. Juga akan melakukan evaluasi terkait penyebab utama kejadian ini setelah area di unit ini aman untuk dimasuki," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan produksi dari smelter katoda tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Manyar, Gresik, Jawa Timur, Senin 23 September 2024. Namun, smelter tersebut memang belum beroperasi secara penuh.

Dalam insiden ini, PT Freeport Indonesia memastikan tidak ada korban jiwa. Meskipun ia membenarkan bahwa dalam video sempat memperlihatkan kobaran api, kepanikan para pekerja, dan terdengar suara ledakan. 

BACA JUGA:Mantan Istri Ahok, Veronica Tan Dipanggil Prabowo ke Kertanegara, Daftar Lengkap 48 Tokoh Calon Menteri

 

"Telah terjadi kebakaran di pabrik asam sulfat smelter PTFI di KEK Gresik, pada Senin, 14 Oktober 2024 pukul 17.45 WIB," kata Katri dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Katri mengatakan bahwa tim tanggap darurat Freeport telah menangani kebakaran tersebut. Pemadaman sedang berlangsung hingga saat ini.

Dia juga mengonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata dia.

Kategori :