Suswono: Ketua RT dan RW di Jakarta Bakal Dijadikan Mata dan Telinga Gubernur

Minggu 13-10-2024,19:56 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Calon wakil gubernur (Cawagub) Jakarta, Suswono mengatakan jika dirinya dan Ridwan Kamil terpilih mempimpin Jakarta 2024-2029, pihaknya akan menjadikan Ketua RT dan RW sebagai mata dan telinga gubernur.

Suswono menyebut RT dan RW akan memberikan laporan terkait kondisi masyarakat.

"Ketua RT-RW ini jadi ujung tombak, jadi telinga mata gubernur. Karena yang mengetahui kondisi masyarakat adalah RT-RW," katanya di Jakarta Selatan, Minggu, 13 Oktober 2024.

Suswono juga menyebut nantinya Ketua RT-RW akan diberikan nomor langsung kepada Gubernur supaya laporannya cepat.

"Tidak usah melalui lurah, camat, atau wali kota. Kepanjangan. Nanti, orang yang sakit keburu meninggal," ucapnya.

BACA JUGA:

Selain itu menurut Suswono RW akan diberikan kesempatan untuk menentukan pembangunan sendiri di lingkungan RW-nya melalui alokasi anggaran RW Rp200 juta per tahun. Bahkan, lanjutnya, pasangan RIDO akan menaikkan insentif RT-RW, dasawiswa, dan jumantik.

"Intinya, program-program Pemprov DKI Jakarta yang baik akan diteruskan. Nanti juga akan ditraktir makanan, ada delapan makanan yang kami siapkan, yakni BAKWAN yang maksudnya singkatan dari Bangun Kota Rawat Lingkungan. Supaya kotanya jadi indah, tidak kumuh lagi," katanya.

Selanjutnya, ada KUE PUTU, yang merupakan Kemana Pun Irit dan Hemat Waktu: Optimalisasi transportasi publik yang hemat energi. Lalu ada LAKSA – Pelatihan Siap Kerja: Program pelatihan untuk memperkuat kemampuan kerja masyarakat.

"Ini untuk karang taruna, nggak usah khawatir, nanti banyak pekerjaan. Kalau nanti pekerjaan susah, demo ke Balai Kota. Ibu-ibu juga boleh demo ke Balai Kota, bawa panci. Demo masak maksudnya," ucap Suswono.

Selanjutnya, Menteri Pertanian periode 2009-2014 itu menawarkan PETIS – Pendidikan (Dasar/Menengah) Gratis. Pihaknya akan memberikan akses pendidikan berkualitas bagi semua warga.

BACA JUGA:

"Salah satunya akan memberikan pendidikan gratis baik negeri maupun sekolah. Kemudian ada ASINAN yang merupakan akronim Agenda Solusi Hujan Aman: Solusi banjir terintegrasi, " katanya.

Suswono juga menawarkan RUJAK yang merupakan akronim dari Rumah Terjangkau dan Terpadu: Penyediaan perumahan yang terjangkau.

Lalu KETUPAT, yaitu Kredit Tanpa Bunga akses Cepa: Program kredit mikro tanpa bunga. Dan terakhir adalah SEMUR, yang artinya Sembako Murah: Penyediaan bahan pangan murah untuk warga.

Kategori :