Hugo Viana Direktur Olahraga Baru Manchester City yang Gantikan Txiki Begiristain

Sabtu 12-10-2024,14:20 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Manchester City akan menggantikan direktur olahraga mereka yang pergi, Txiki Begiristain, dengan Hugo Viana setelah menyetujui kesepakatan dengan perusahaannya saat ini, Sporting.

Mantan gelandang Portugal dan Newcastle ini akan pindah ke juara Liga Premier awal tahun depan dan City membayangkan periode serah terima yang panjang yang akan membuat Viana bekerja bersama Begiristain sebelum dia mengambil alih peran tersebut pada akhir musim ini.

Ketika menjadi jelas bahwa Begiristain yang berusia 55 tahun akan pergi setelah 12 tahun bekerja untuk City, klub mulai mencari penggantinya secara ekstensif.

Viana telah mendapatkan banyak pengagum atas kerja kerasnya di Sporting, membantu mereka memenangkan dua gelar Liga Primeira dalam enam tahun masa kerjanya di klub.

Viana dikenal sebagai sumber pemain muda berbakat dari seluruh dunia dan mengawasi penjualan Manuel Ugarte, Matheus Nunes, dan Nuno Mendes dalam beberapa musim panas terakhir dengan bayaran yang sehat.

BACA JUGA:Direktur Manchester City Txiki Begiristain Putuskan Cabut dari Klub, Pep Guardiola Nyusul?

BACA JUGA:Hasil Man City vs Fulham, Brace Mateo Kovacic Bawa The Citizens Menang 3-2

Pria berusia 41 tahun ini juga mendapat pujian karena membawa Rúben Amorim ke ibu kota Portugal dari Braga. Sang pelatih kepala hanya menghabiskan waktu singkat di Braga tetapi Viana melihatnya sebagai orang yang memulai era baru di Sporting.

Viana memulai karier sebagai Direktur Olahraga pada 2017 di klub Portugal, Belenenses, sebelum gabung Sporting pada 2018.

Hal ini memang terbukti, dengan Amorim memimpin klub tersebut meraih dua piala Portugal dan satu piala super serta dua gelar liga, belum lagi gaya bermainnya yang mengesankan di kandang dan di Eropa.

Viana memiliki karir bermain yang sukses bersama Sporting dan Valencia tetapi waktunya di St James’ Park sering dilupakan. Setelah pensiun, setelah mencatatkan 29 caps internasional, ia menjadi direktur olahraga di Belenenses sebelum kembali ke klub masa kecilnya dengan kapasitas yang sama.

City, yang sedang menunggu untuk menyelesaikan masa depan Pep Guardiola sebelum kontraknya habis di musim panas, akan bertandang ke Sporting pada bulan November untuk pertandingan penyisihan grup Liga Champions yang akan mempertemukan Viana melawan perusahaan masa depannya.

 

 

Kategori :