Profil Ahmed Al Kaf, Wasit Kontroversial Bahrain vs Indonesia yang Gagalkan Kemenangan Garuda

Jumat 11-10-2024,08:11 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

"Jika AFC mau berkembang, keputusan wasit juga harus ditingkatkan," tambahnya.

Para pendukung Timnas Indonesia di media sosial membanjiri akun instagram AFC dan juga FIFA pasca kecurangan wasit Ahmed Al Kaf.

Lalu siapakah Ahmed Al Kaf wasit kontroversial yang membuat Timnas Indonesia gagal mendapatkan kemenangan lawan Bahrain? Simak berikut ini.

Wasit kontroversial Ahmed Al Kaf lahir di Oman pada 6 Maret 1983 yang pernah memimpin laga  di Liga Oman sejak 2008 lalu dan resmi terdaftar sebagai wasit FIFA pada 2010.

Wasit 41 tahun ini dalam catatan kariernya juga terlibat dalam berbagai pertandingan penting di Asia.

Saat di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, wasit Ahmed Al Kaf telah memimpin total empat laga dan mengeluarkan 11 kartu kuning.

Selama catatan kariernya menjadi wasit, Ahmed Al Kaf telah mengeluarkan total kartu dikeluarkan: 343 kartu kuning, 10 kartu merah.

Tak hanya di level Asia, bahkan Ahmed Al Kaf juga memiliki pengalaman memimpin laga di AFC Champions League Elite, Piala Asia 2023 hingga beberapa turnamen penting di Timur Tengah.

Ahmed Al Kaf juga pernah memimpin 5 pertandingan Piala Asia, 53 pertandingan Liga Champions Asia, 4 pertandingan Piala AFC, 19 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia, 7 pertandingan Piala Asia U-23, serta satu pertandingan Kualifikasi Piala Asia dan satu pertandingan di ajang Asian Games.

Sebelumnya, Ahmed Al Kaf juga terlibat dalam keputusan kontroversial, saat laga Piala Asia U23 2020 lalu penalti yang diputuskan lewat VAR yang membuat keuntungan bagi Arab Saudi.

Dalam catatan kariernya, Ahmed Al Kaf telah memimpin 114 pertandingan, mengeluarkan 343 kartu kuning dan 10 kartu merah.

Wasit yang memiliki nama lengkap Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf berasal dari Oman yang merupakan negara tersebut ada di satu badan olahraga sepakbola yang sama dengan Bahrain yaitu West Asian Football Federation (WAFF).

 

Kategori :