Direktur Manchester City Txiki Begiristain Putuskan Cabut dari Klub, Pep Guardiola Nyusul?

Rabu 09-10-2024,15:28 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kabar menghebohkan datang dari klub Liga Inggris, Manchester City.

Txiki Begiristain direktur sepak bola Manchester City akan meninggalkan klub di akhir musim ini pada tahun 2025.

Pria 60 tahun tersebut merupakan sosok otak pembangun fondasi kesuksesan klub Liga Inggris Manchester City hingga sukses mendominasi Inggris hingga Eropa.

Pada 2012 lalu, Txiki Begiristain menjabat sebagai direktur sepak bola The Citizens setelah mengikuti CEO City Ferran Soriano ke Etihad dari Barcelona.

Kepindahan ini menjadi kunci kesuksesan juara Liga Premier selama dekade terakhir karena kepindahan pemain Spanyol itu ke Manchester memainkan peran besar dalam membantu Man City memikat Pep Guardiola ke klub.

Begiristain dan Guardiola adalah rekan satu tim di Barcelona dan saat menjabat sebagai direktur teknis raksasa Catalan, pria berusia 60 tahun ini memberikan kesempatan pertamanya kepada pelatih legendaris tersebut dalam manajemen.

BACA JUGA:Robert Lewandowski Beberkan Alasan Bisa Gacor Meski di Usia yang Tak Muda Lagi, Terinspirasi dari CR7?

BACA JUGA:Striker Chelsea Cole Palmer Sabet Gelar Pemain Terbaik Inggris, Geser Jude Bellingham dan Bukayo Saka

The Athletic melaporkan pada hari Selasa bahwa setelah 13 tahun, Begiristain akan meninggalkan perannya sebagai direktur sepak bola pada akhir musim setelah awalnya berencana untuk mundur dari operasi sehari-hari ketika ia berusia 55 tahun, namun ia sangat berinvestasi di City.

Proyek dan bekerja bersama Guardiola sehingga dia memperpanjangnya hingga ulang tahunnya yang ke-60.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Man City telah mencapai kesepakatan untuk menunjuk pengganti pemain Spanyol itu dan Fabrizio Romano telah mengungkapkan siapa orang tersebut.

Pengganti Txiki Begiristain di Man City sudah diidentifikasi

Dengan kepergian Begiristain dari Man City, direktur sepak bola Sporting CP Hugo Viana adalah kandidat favorit klub Manchester untuk mengambil alih posisi pelatih berusia 60 tahun itu, lapor Fabrizio Romano.

Juara Liga Premier sangat mengagumi karya pemain berusia 41 tahun itu di Portugal setelah mengidentifikasi beberapa pemain top seperti Gyokeres, Diomandé dan Hjulmand.

The Athletic menyatakan bahwa direktur sepak bola baru di Man City akan mulai bekerja pada awal tahun 2025 dengan Begiristain akan melanjutkan tugasnya selama masa serah terima selama enam bulan pertama.

Kategori :