YouTube Perpanjang Durasi Shorts Jadi 3 Menit, Bikin Kreator Banyak Ruang Berkreasi

Selasa 08-10-2024,13:43 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kabar gembira bagi para kreator konten di YouTube, platform video berbagi terbesar di dunia ini telah resmi memperpanjang durasi video pendeknya, YouTube Shorts, menjadi 3 menit. 

Dengan perubahan ini, kreator kini memiliki lebih banyak ruang untuk berkreasi dan menyajikan konten yang lebih variatif.

Sebelumnya, YouTube Shorts dibatasi hanya dalam durasi yang sangat singkat, yaitu kurang dari 1 menit.

BACA JUGA:YouTube Shopping Resmi di Indonesia, Menunjang Kreator Lebih Mudah Dalam Berjualan Online

BACA JUGA:Viral! YouTuber IShowSpeed Ditangkap di Singapura, Netizen Kepo Penyebabnya

Keuntungan Durasi Youtube Short Diperpanjang

Sebelumnya dalam unggahan di blog resmi Youtube yang diposting oleh Todd Sherman, yakni selaku Director of Product Management YouTube Shorts, durasi Shorts video yang mencapai 3 menit sudah bisa diunggah oleh creator mulai 15 Oktober 2024.

Dalam postingan tersebut, Todd juga mengungkapkan bahwa fitur ini telah diminta oleh creator, dan atas dasar permintaan tersebut akhirnya Todd memberikannya agar creator bisa lebih fleksibel dalam menceritakan kisahnya.

"Ini adalah fitur yang paling banyak diminta oleh kreator, jadi kami senang memberi kreator lebih banyak fleksibilitas untuk menceritakan kisahnya," kata Todd.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa penambahan durasi untuk Shorts ini akan berlaku pada video yang rasio aspeknya persegi atau lebih tinggi, dan tindak akan berpengaruh pada video yang diunggah oleh creator sebelum peluncurannya.

Todd juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan apabila Youtube dalam beberapa bulan mendatang akan memberikan rekomendasi peningkatan durasi Shorts.

Berikut ini keuntungan dari Youtube Shorts dengan durasi Panjang:

1. Bagi Kreator

Kreator memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam membuat konten, sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

2. Bagi Penonton

Kategori :