7 Khasiat Ekstrak Daun Sirsak, Rahasia Kesehatan dari Alam

Kamis 03-10-2024,17:21 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Siapa sangka, di balik rasa manis buah sirsak yang menyegarkan, tersimpan segudang manfaat kesehatan dari daunnya. 

Daun sirsak, yang seringkali dianggap sepele, ternyata menyimpan potensi besar sebagai obat alami untuk berbagai penyakit.

BACA JUGA:Manfaat Daun Sirsak dan Cara Pengolahannya

BACA JUGA:Manfaat dan Tips Puasa Daud untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Salah satu alasan mengapa daun sirsak begitu istimewa adalah kandungan senyawa bioaktifnya yang sangat tinggi. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan berbagai penyakit degeneratif.

Berikut ini manfaat daun sirsak yang wajib kamu ketahui:

1. Mengatasi Insomnia

Dalam pengobatan tradisiona, daun sirsak sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Hal ini dikarenakan kandungan dalam daun sirsak memiliki sifat relaksan otot polos, yang berfungsi sebagai obat penenang. Dengan mencampurkan rebusan air daun sirsak ke dalam minuman, bisa membantu seseorang dalam mengatasi masalah insomnia yang berdampak pada Kesehatan.

2. Mengobati Rematik

Senyawa anti-inflamasi dalam daun sirsak efektif meredakan berbagai jenis peradangan, seperti asam urat dan rematik. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari khasiat daun sirsak, kamu bisa mengkonsumsi dua kali sehari dengan cara menghaluskan daun sirsak dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

3. Menurunkan Gula Darah

Daun sirsak dipercaya mampu membantu menstabilkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, ekstrak pada daun sirsak bisa meningkatkan sel beta pancreas dan menurunkan glukosa. Daun sirsak juga bisa menghambat enzim yang membantu mengurai karbohidrat menjadi glukosa.

BACA JUGA:10 Tips Sehat Memasuki Usia 40 Tahun: Jaga Kesehatan Mental Jangan Diabaikan!

BACA JUGA:Khasiat Daun Sirsak dan Kulit Manggis Untuk Obat Kanker, Fakta atau Mitos? Ini Kata Dokter

4. Mencegah Kanker

Kategori :