Siap-Siap! Pengguna Chat GPT Bakal Dikenakan Biaya Langganan Rp333 Ribu Per Bulan

Minggu 29-09-2024,17:54 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Para pengguna ChatGPT harus bersiap diri. Sebab penyedia ChatGPT, yaitu OpenAI akan mengenakai biaya 22 dolar AS (Rp333 ribu) per bulan.

Penerapan biaya langganan Rp333 ribu per bulan akan mulai diberlakukan pada akhir tahun ini.

Perusahaan tersebut juga berencana untuk menaikkan harga bulanan secara agresif selama lima tahun ke depan hingga 44 dolar AS (Rp665 ribu).

Dokumen yang diperoleh The New York Times (NYT) menunjukkan bahwa OpenAI meraup pendapatan 300 juta dolar AS (Rp4,5 triliun) pada bulan Agustus ini.

Mereka berharap dapat menghasilkan penjualan sebesar 3,7 miliar dolar AS (Rp56 triliun) pada akhir tahun.

BACA JUGA:

Berbagai pengeluaran seperti gaji, sewa, dan biaya operasional akan menyebabkan perusahaan tersebut merugi 5 miliar dolar AS (Rp76 triliun) tahun ini.

OpenAI dikabarkan mengedarkan dokumen yang dilaporkan NYT sebagai bagian dari upaya untuk mencari investor baru guna mencegah atau mengurangi kekurangan keuangannya.

Untungnya, OpenAI mengumpulkan uang dengan valuasi 150 miliar dolar AS (Rp2,3 kuadriliun), dan putaran investasi baru dapat menghasilkan sebanyak 7 miliar dolar AS (Rp106 triliun).

OpenAI juga dikabarkan tengah beralih dari perusahaan nirlaba menjadi perusahaan yang mencari laba.

Model bisnis ini memungkinkan penghapusan batasan keuntungan investor sehingga mereka memiliki lebih banyak ruang untuk bernegosiasi dengan investor baru dengan kemungkinan tingkat yang lebih tinggi. Demikian disiarkan Engadget, Sabtu (28/9) waktu setempat.

Kategori :