Efisiensi Lahan, Pasangan Ridwan Kamil-Suswono Siapkan Program Revitalisasi Pasar dan Rumah di Atasnya

Jumat 27-09-2024,18:58 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO), menyiapkan program inovatif revitalisasi pasar.

Untuk memanfaatkan lahan terbatas di Jakarta RIDO menyiapkan program revitalisasi pasar yang akan disatukan dengan pembangunan rumah di atasnya.

"Karena kita keterbatasan lahan, seperti ini contohnya, ini kan sebetulnya luas ya. Maka sekaligus kita akan membangun rumah di atas pasar," katanya saat mengunjungi pasar serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 27 September 2024.

"Dalam konteks revitalisasi tadi, nanti sekaligus juga pasar modern tadi, jadi para pedagang ini nanti bisa saja menjadi penghuninya rumah-rumah yang nanti akan dibangun di atas pasar," lanjutnya.

BACA JUGA:

Menurut Suswono, program ini akan menekan harga hunian karena lahan yang digunakan adalah milik pemerintah daerah, sehingga tidak perlu dibeli.

"Karena lahannya tidak beli, karena milik pemda, tentu akan menekan harga. Itu yang sudah dideclare Pak Ridwan Kamil," jelasnya.

Program ini juga tidak hanya terbatas pada pasar, namun juga mencakup stasiun dan bahkan lahan di atas sungai.

"Ini nanti bisa juga kita bangun ke atas, karena memang lahan sudah semakin sempit," kata Suswono.

BACA JUGA:

Namun, Suswono mengakui belum ada penetapan mengenai pasar mana yang akan diprioritaskan,

"Belum lah, nanti ini kan pasar di Jakarta kan banyak sekali kan, jadi mana yang prioritas. Karena kaitannya nanti adalah pembenahan rumah-rumah kumuh," jelasnya.

Ia mengaku, program ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi Ridwan Kamil dalam menindaklanjuti amanat dari Ketua Umum Prabowo Subianto, untuk fokus pada pembenahan rumah kumuh di Jakarta.

"Pak Ridwan Kamil diminta ke Jakarta untuk membantu Pak Prabowo, fokusnya lebih di antaranya tadi pada pembenahan rumah kumuh," tutupnya.(fajar)

Kategori :