Miris! Malaysia Klaim Baju Adat Minangkabau Sebagai Kebudayaannya

Sabtu 21-09-2024,10:31 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Viral di media sosial kostum yang digunakan Miss Cosmo Nasional Malaysia 2024, Saranya Naidu dalam kompetisi National Costume Competition Miss Cosmo, tuai kontroversi. 

Kostum yang diklaim Malaysia itu pasalnya menampilkan ciri khas Baju Adat Minang dari Indonesia. National Costume Show Miss Cosmo 2024 sendiri berlangsung, pada Kamis, 19 September 2024 malam. 

Hal ini telah memicu kemarahan dan kekecewaan netizen Indonesia. Kostum yang dikenakan oleh Miss Cosmo Malaysia 2024 menampilkan semua elemen baju adat Minagkabau dengan jelas, sehingga klaim asal Malaysia menjadi tidak berdasar.

Baju Adat Minangkabau merupakan pakaian tradisional yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia. Pakaian ini memiliki ciri khas berupa hiasan kepala yang disebut Tengkuluk Talakuang, dan penggunaan kain songket dengan motif khas Minangkabau.

BACA JUGA:

Akun TikTok @malaysia.ratu dan Instagram @Saranya Naidu, yang diyakini terkait dengan kontes Miss Cosmo Malaysia, memposting foto dan video kostum tersebut dengan keterangan yang menyatakan bahwa itu adalah "National Costume Malaysia".

Sebagai informasi, Miss Cosmo 2024 adalah ajang kecantikan internasional yang mengusung slogan "Impactful Beauty". Maknanya kecantikan bukan hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang dampak positif yang dapat diberikan oleh seseorang kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Acara puncak Miss Cosmo 2024 akan dimulai dengan Preliminary Night, 2 Oktober 2024. Dilanjutkan Grand Final di Ho Chi Minh City, 5 Oktober mendatang.

Hal ini segera memicu reaksi keras dari netizen Indonesia yang dengan cepat menunjukkan kemiripan kostum tersebut dengan Baju Adat Minangkabau.

"LENGAH DIKIT SAMPE MINANGKABAU! SYUMM MENYALAAAA terimakasih sudah memperkenalkan budaya Indonesia. Ambil sisi baiknya aja best!," kata salah satu netizen.

"Buat malu aja.sejak kpn yA," balas lainnya.

Kategori :