Peringatan Hari Olahraga Nasional 9 September 2024: Tema, Sejarah, dan Cara Merayakannya

Senin 09-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional. 

Kepres tersebut mencerminkan tekad untuk memasyarakatkan olahraga, mengolahragakan masyarakat, serta meningkatkan dan mengembangkan pembinaan olahraga nasional. Saat ini, Pekan Olahraga Nasional (PON) telah menjadi salah satu event olahraga nasional terbesar di Indonesia.

Sebelum ditetapkan dan diperingati setiap tanggal 9 September, telah ada usulan untuk merayakan Hari Olahraga Nasional pada tanggal 8 September. 

Pada tanggal 16-17 Mei 1983, terjadi sidang Paripurna KONI XIII di Senayan, Jakarta. Dalam sambutan resmi pembukaan sidang, Ketua Umum KONI Pusat, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, mengusulkan tanggal 10 September sebagai Hari Olahraga Nasional. 

Ketika itu, usulan untuk mengadakan Hari Olahraga Nasional didasarkan pada aspirasi untuk menginspirasi semangat berolahraga di kalangan masyarakat serta meningkatkan prestasi olahraga.

BACA JUGA:Peringatan Hari Hepatitis Sedunia Setiap 28 Juli, Saatnya Cegah dan Lawan Hepatitis Bersama!

BACA JUGA:Peringatan Hari Anak Nasional 2024 ke-40 Tahun: Inilah Tema, Makna Logo, dan Sejarah HAN

Cara Merayakan HAORNAS 2024

Untuk merayakan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2024 ke-41, masyarakat bisa ikut serta dalam kegiatan olahraga.

Ada berbagai macam kegiatan olahraga yang bisa dilakukan untuk memperingati HAORNAS seperti lari, jogging, bersepeda, renang, dan senam, ataupun olahraga lainnya.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis olahraga yang menjadi favorit kebanyakan masyarakat, seperti sepak bola, bulu tangkis, bola voli, tenis meja, dan bola basket.

Adapun olahraga bisa memberikan banyak manfaat bagi Kesehatan tubuh, diantaranya melancarkan peredaran darah, Menurunkan risiko penyakit jantung, Membentuk kekuatan dan kesehatan tubuh, Memberikan efek relaksasi, Hiburan bagi penonton.

Kategori :