Breaking News, Mantan Timnas Pantai Gading Sol Bamba Meninggal Dunia di Usia 39 Tahun

Minggu 01-09-2024,13:06 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berita duka datang dari dunia sepakbola, mantan pemain timnas Pantai Gading Sol Bamba Meninggal dunia.

Sol Bamba meninggal dunia di usia 39 tahun pada 1 September 2024 dini hari WIB.

Mantan pemain Cardiff dan Leicester City tersebut kini menjabat sebagai pelatih di klub papan atas Turki Adanaspor.

“Direktur teknis kami, Souleymane Bamba, yang jatuh sakit sebelum pertandingan melawan Manisa Football Club kemarin, dibawa ke Rumah Sakit Universitas Manisa Celal Bayar dan sayangnya kalah dalam perjuangan seumur hidup di sana. Kami turut berbela sungkawa kepada keluarga dan komunitas kami.” tulis pernyataaan resmi klub.

Bamba, yang mencatatkan 46 caps untuk Pantai Gading, juga bermain untuk Leicester dan Middlesbrough sebelum pindah ke dunia kepelatihan di Cardiff tahun lalu.

Pada tahun 2021 ia sembuh dari limfoma non-Hodgkin setelah menjalani pengobatan kemoterapi.

BACA JUGA:

Sol Bamba berhasil kembali ke lapangan kurang dari lima bulan setelah diagnosisnya.

Mantan pemain PSG tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum meninggal dunia.

Selain mantan pemain sepakbola, Sol Bamba juga merupakan bagian penting dari tim Cardiff karena ikut membawa tim promosi ke Liga Primer saat dibawah asuhan Neil Warnock pada 2018 lalu.

Leeds memberikan penghormatan kepada mantan kapten mereka dalam sebuah pernyataan yang berbunyi: “Beristirahatlah dengan damai, Sol, kamu akan selamanya di hati kami.”

Bamba, yang lahir di Prancis dari orang tua Pantai Gading, memulai karir bermainnya di Paris Saint-Germain sebelum pindah ke Skotlandia. Dia membantu Dunfermline mencapai final Piala Skotlandia di musim pertamanya, sebelum bergabung dengan Hibernian pada tahun 2008 dan kemudian Leicester pada tahun 2011.

Setelah bermain di Turki dan Italia, dia bergabung dengan Leeds, di mana dia menjadi kapten klub, sementara di musim penuh pertamanya di Cardiff dia membantu mereka meraih promosi ke Liga Premier. Dia bermain lebih dari 100 kali untuk klub Welsh dan menjadi asisten manajer selama enam bulan pada tahun 2023.

Dilansir dari X, Cardiff yang memposting bela sungkawanya terhadap mantan pemainnya tersebut.

“Dengan kesedihan terdalam kami mengetahui malam ini tentang meninggalnya legenda klub, Sol Bamba. Sebagai pemain dan pelatih, pengaruh Sol terhadap klub sepak bola kami tidak dapat diukur"

Kategori :