Dibuka September! Pelajari Contoh Soal PPPK Manajerial 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Sabtu 31-08-2024,07:57 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Marta Saras

D. Mengingatkan anggota tim tersebut bahwa semua orang bergantung pada kontribusinya dan berharap ia bisa mengejar ketertinggalannya.

Jawaban: A

3. Anda sedang mengerjakan sebuah proyek penting dengan tenggat waktu yang ketat. Di tengah proses, Anda menemukan sebuah kesalahan kecil dalam data yang mungkin tidak akan disadari oleh siapapun jika dibiarkan. Memperbaiki kesalahan ini akan memakan waktu dan bisa membuat Anda terlambat menyelesaikan proyek tepat waktu. Bagaimana Anda menangani situasi ini?

A. Mengabaikan kesalahan tersebut untuk menyelesaikan proyek tepat waktu.

B. Segera melaporkan kesalahan tersebut kepada atasan dan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya.

C. Memperbaiki kesalahan tersebut tanpa memberi tahu siapapun agar proyek tetap selesai tepat waktu.

D. Menyelesaikan proyek sesuai tenggat waktu, lalu memperbaiki kesalahan setelahnya jika ada waktu

Jawaban: B

4. Anda adalah bagian dari sebuah proyek besar di perusahaan Anda. Namun, dalam rapat evaluasi terbaru, manajer Anda memutuskan untuk tidak melibatkan Anda dalam sesi perencanaan strategi lanjutan, meskipun Anda memiliki banyak ide dan pengalaman yang relevan. Suatu hari, Anda mengetahui bahwa tim yang terlibat dalam perencanaan tersebut menemui masalah yang kritis, yang kebetulan Anda memiliki solusi yang tepat. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

A. Menyampaikan kekhawatiran Anda kepada manajer dan menawarkan diri untuk bergabung dengan sesi perencanaan selanjutnya.

B. Menunggu hingga tim tersebut meminta bantuan kepada Anda, dan baru kemudian memberikan solusi.

C. Menginformasikan masalah tersebut kepada manajer, lalu menjelaskan bahwa Anda memiliki solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

D. Mengabaikan masalah tersebut karena Anda tidak dilibatkan sejak awal dalam perencanaan.

Jawaban: C

BACA JUGA:

5. Anda bekerja sebagai manajer pemasaran di sebuah perusahaan. Suatu hari, Anda mendapat tugas mendadak untuk menghadiri konferensi penting di luar kota selama tiga hari. Namun, pada hari kedua konferensi tersebut adalah hari ulang tahun pernikahan Anda yang ke-10, dan Anda telah merencanakan makan malam spesial dengan pasangan Anda. Apa yang akan Anda lakukan?

Kategori :