Jelang Kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta, Ini Ruas Jalan yang Bakal Ditutup

Jumat 30-08-2024,13:15 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beberapa ruas jalan di Jakarta bakal ditutup saat kedatangan Paus Fransiskus beberapa waktu mendatang.

Misa akbar bakal diikuti oleh 86.000 umat Katolik dari seluruh tanah air dan rencananya dimulai pada 4 September 2024 pukul 17.00 WIB.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan salah satu ruang jalan yang ditutup seperti akses dari bandara menuju Kantor Kedutaan Besar Vatikan.

"Penutupan jalan beberapa ruas jalan yang akan dilewati. Seperti dari Bandara menuju Dubes Vatikan. Berarti, jalur yang akan dilewati akan ditutup," katanya kepada awak media, Jumat 30 Agustus 2024.

Dijelaskannya, penutupan itu dilakukan secara total. Penutupan hanya dilakukan sementara saat rangkaian Paus melintas.

"Iya, jadi gak ditutup terus. Kalau sudah lewat kita normalkan lagi. Jadi tidak ditutup total," jelasnya.

Sebelumnya, Jelang kedatangan Paus Fransiskus di Jakarta, Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas.

BACA JUGA:

Kabag Ops Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali mengatakan skema rekayasa lalu lintas telah disiapkan pihaknya.

"Jadi, kami dari Direktorat Lalu Lintas juga sudah menyiapkan untuk skema-skema yang akan kami laksanakan, khususnya pada tanggal 5 September nanti ya," katanya kepada awak media, Selasa 27 Agustus 2024.

Diungkapkannya, untuk menghindari kemacetan saat itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat menghindari daerah rawan macet.

"Namun demikian, kami sudah melakukan atau menyiapkan rekayasa-rekayasa lalin. Kami minta kepada warga masyarakat pada 5 September semaksimal mungkin bisa mencari rute alternatif lain yang dapat digunakan," ungkapnya.

Disebutkannya, kemacetan diprediksi terjadi saat kedatangannya nanti. 

Maka dari itu banyak kantung parkir pun telah disiapkan. 

Lokasinya juga tersebar sehingga tidak terjadi penumpukan.

Kategori :