Ban Pesawat Delta Air Lines Meledak saat Pemeliharaan, 2 Petugas Meninggal Dunia

Kamis 29-08-2024,11:29 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Roda ban pesawat Boeing 757-232 milik Delta Air Lines meledak saat pemeliharaan di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson, Atlanta, pada Selasa, 27 Agustus 2024. 

Akibat insiden ini dua pekerja tewas dan satu orang mengalami luka serius. Kejadian tragis ini terjadi di hanggar bandara ketika para pekerja sedang mengganti ban pesawat sekitar pukul 5 pagi waktu setempat.

Menurut pernyataan dari Delta, ledakan tersebut terjadi saat para pekerja sedang bekerja pada pesawat Boeing 757 yang tiba dari Las Vegas pada Minggu malam. Pihak Delta Air Lines mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan dan mereka sangat terbuka dengan pihak berwenang terkait kasus ini. 

"Keluarga Delta sangat sedih atas hilangnya dua anggota tim dan cederanya satu orang lagi setelah insiden pagi ini di fasilitas pemeliharaan operasi teknis Atlanta," kata maskapai tersebut dalam sebuah pernyataan, mengutip Sky News. 

"Kami telah memberikan dukungan penuh kepada anggota keluarga dan kolega selama masa yang sangat sulit ini," tambahnya. 

BACA JUGA:

Badan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Federal AS memastikan bahwa penyelidikan telah dimulai. Ledakan fasilitas tersebut terjadi di bagian Delta TechOps, yang merupakan sentra perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan menyeluruh untuk seluruh armada Delta Air Lines. 

Perusahaan itu telah memiliki lebih dari 150 pelanggan penerbangan dan maskapai penerbangan di seluruh dunia. Wali Kota Atlanta, Andre Dickens juga menyampaikan ucapan belasungkawanya melalui cuitan di X (dulunya Twitter).

"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga dan orang-orang terkasih dari para karyawan Delta yang meninggal," tulisnya.

"Pikiran saya juga bersama mereka yang terluka, dan saya berharap mereka segera pulih sepenuhnya."

BACA JUGA:

Asosiasi Internasional Pekerja Mesin dan Dirgantara (IAM), serikat pekerja yang mewakili lebih dari 100.000 pekerja maskapai di seluruh AS, juga menyerukan penyelidikan penuh atas insiden ini.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan komunitas Atlanta dan menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga korban," kata IAM dalam pernyataannya.

Pihak Administrasi Penerbangan Federal (FAA) telah diberitahu mengenai kematian para pekerja Delta tersebut dan sedang berkoordinasi dengan maskapai.

Meski demikian, penerbangan di Bandara Hartsfield-Jackson tidak terdampak oleh insiden ini, menurut pejabat bandara setempat.

Kategori :