3 Inisiatif Natsume Tentang Game Harvest Moon: Home Sweet Home, Sulit Saingi Winds of Anthos

Rabu 28-08-2024,16:11 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Natsume telah menelurkan sejumlah seri Harvest Moon sendiri sejak berpisah dengan Marvelous pada 2014 usai mengeluarkan Harvest Moon 3D: A New Beginning di Nintendo 3DS. Namun, belum ada karya mereka tanpa Marvelous yang bisa menyaingi Story of Seasons, game yang dianggap sebagai Harvest Moon yang sebenarnya. Natsume kerap dianggap gagal karena tidak tampak serius menggarap Harvest Moon. Mereka seolah hanya menumpang nama tenar dari seri legendaris itu.

Upaya keras Natsume untuk menghadirkan game yang baik setidaknya mulai tampak sejak Harvest Moon: The Winds of Anthos (2023). Hanya saja, itu belum cukup menarik perhatian publik. Apalagi, mengingat Marvelous yang terus mengeluarkan Story of Seasons yang imersif. Mereka terakhir kali merilis Harvest Moon: A Wonderful Life (2003) dengan balutan remake berjudul Story of Seasons: A Wonderful Life (2023).

Natsume sebenarnya punya kesempatan untuk jadi lebih baik lewat Harvest Moon: Home Sweet Home. Namun, kemunculannya sebagai mobile game ternyata tidak juga menyelamatkan mereka. Setidaknya sampai hari ini. Sebab, Harvest Moon: Home Sweet Home yang hanya muncul di smartphone itu masih sulit diakses pengguna Android.Kesulitan mengakses mobile game di platformnya sendiri boleh dianggap sebagai keteledoran. Padahal, publik sudah menunggu dengan sangat waktu perilisannya. Beberapa bahkan langsung membelinya pada hari pertama. Namun, mereka gagal memainkannya karena terdapat eror.Natsume seharusnya menguji Harvest Moon: Home Sweet Home terlebih dahulu. Pastikan gamenya siap dimainkan di smartphone, terutama Android, yang menjadi salah satu tujuan utama mereka. Natsume wajib lebih serius menggarap karya agar tidak dianggap hanya menumpang nama tenar.

 

2. Berhenti membuat game Harvest Moon dan Fokus Judul/ Genre lain

Natsume memang memegang lisensi atas nama legendaris itu, tetapi tidak dengan jiwanya. Sejumlah karya mereka tidak sukses sebagai favorit. Beberapa bahkan tidak disukai.Lihat saja ulasan-ulasan tentang Harvest Moon: The Lost Valley (2015). Nintendo Life memberinya nilai 2/5. 

Sementara, Metacritic menyebutnya sebagai game yang umumnya kurang disukai.Lihat juga ulasan-ulasan tentang Harvest Moon: One World (2021). IGN memberinya nilai 5/10. Vooks memberinya nilai 2,5/5. Sementara, The Guardian memberinya nilai 2/5.Harvest Moon, mungkin, sempat selamat berkat Harvest Moon: The Winds of Anthos yang dianggap sebagai oase di tengah padang pasir. Namun, buruknya persiapan Harvest Moon: Home Sweet Home mengembalikan Natsume ke tempat semula. Mereka terbilang gagal menyediakan game Harvest Moon yang baik di platform yang seharusnya lebih mudah diakses.

BACA JUGA:Link dan Cara Download Game Harvest Moon: Home Sweet Home, Lisensi Resmi Penuhi Rasa Kangenmu

3. Memberikan nama Harvest Moon kepada Marvelous

Opsi terakhir boleh jadi menarik, yaitu memberikan hak atas nama Harvest Moon kepada Marvelous. Sebab, jiwa Harvest Moon yang sebenarnya memang ada di developer aslinya. Lihat saja karya-karya Marvelous yang dipublikasikan XSEED Games di bawah nama Story of Seasons. 

Kebanyakan disukai publik karena digarap sesuai spiritnya.Story of Seasons: A Wonderful Life memang tidak begitu baik. Namun, seri lain di deretan seri utama seperti Story of Seasons: Friends of Mineral Town (2020) dan Story of Seasons: Pioneers of Olive Town (2021) cukup disukai. Ini belum lagi spin-off seperti Doraemon Story of Seasons (2019) dan Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom (2022) yang tidak hanya menarik penggemar farming simulation game, tetapi juga penggemar waralaba Doraemon.

Story of Seasons sendiri masih disukai karena orisinalitas mereka.

Sedikit banyak juga mampu terus mengingatkan penggemar kepada game yang populer pada  2000 an ketika nama mereka masih Harvest Moon.

Marvelous berhasil menjaga spiritnya sehingga game terasa berkelanjutan.

Tidak seperti Natsume yang benar-benar mengubah game cukup banyak sehingga tidak terasa familier.

 

Kategori :