Pertamax Turbo Drag Fest 2024 Jadi Pembinaan Balap Muda, Danlanud Taufik: Kami Ikut Dukung Ajang Ini

Sabtu 24-08-2024,17:00 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Wiriadinata Letkol Pnb, Taufik Agus Hidayat mengatakan, Pertamax Turbo Drag Fest 2024 untuk sepeda motor dan mobil merupakan ajang yang bertujuan untuk membina bakat-bakat balap muda.

"Alhamdulillah, event ini merupakan event yang sangat strategis untuk membina pembalap di Tasikmalaya maupun dari luar karena menjadi ruang untuk mengembangkan kemampuan mereka," ungkap Taufik di Pangkalan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Lanud Wiriadinata akan menjadi tuan rumah ajang balap trek lurus sebanyak dua seri, yaitu seri kedua pada 27-28 Juli dan seri ketiga pada 24-25 Agustus, menyusul seri pertama yang berlangsung di Lanud Ciccangkal, Bogor pada 13 Juli- 14.

Taufik menyebutkan, TNI AU melalui Lanud Wiriadinata berkomitmen membina bakat balap dengan menyediakan venue kompetisi.

"Sarana lapangan udara ini memang belum aktif seluruhnya untuk penerbangan reguler sehingga dengan izin dari Panglima TNI kami ikut mendukung ajang ini," tegasnya.

BACA JUGA:

Taufik menyebutkan, kejuaraan ini ditunggu-tunggu oleh para pemuda dan pemudi balap yang ingin menampilkan bakatnya di ajang resmi.

Sebelum acara tersebut, ia menyebutkan bahwa Lanud Wiriadinata telah berkontribusi dalam membina bakat balap dengan menyediakan fasilitas lapangan terbang lokal untuk keperluan pelatihan.

Ia menyebutkan bahwa sejak bulan Februari, sesi pelatihan telah dilakukan setiap minggu, dengan tetap menerapkan langkah-langkah keselamatan.

"Adanya arena latihan ini juga sangat efektif mengurangi aksi balapan liar karena mereka memiliki ruang berekspresi dan berlatih ditambah lagi ruang berkompetisi melalui ajang ini," tuturnya.

Taufik menyebutkan, meski tujuan utama lapangan terbang setempat adalah untuk keperluan penerbangan, namun di masa depan berpotensi digunakan untuk Drag Race, asalkan tidak mengganggu aktivitas utama.

"Kami terbuka, selama fasilitas yang ada ini penggunaannya tidak bersinggungan atau bertentangan dengan kegiatan penerbangan. Memang utamanya untuk kegiatan penerbangan sehingga kalau nanti sudah ada jadwal reguler ya kami utamakan, nanti kita carikan solusi untuk arena balapan, kita carikan tempat lain," tutup Taufik.

(Dimas Rafi).

 

Kategori :