Pesona Pantai Wediombo di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta Suguhkan Panorama Indah dan Eksotis

Sabtu 24-08-2024,11:45 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Yogyakarta adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang memiliki wisata alam lengkap. Ada Pegunungan, Peninggalan Sejarah, dan satu yang juga tak kalah indah adalah Pantai.

Kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta terdapat sebuah Pantai nan indah dan eksotis. Nama Pantai yang cukup favorit di Jawa khususnya dan Indonesia umumnya adalah Pantai Wediombo. Pantai ini terletak, di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo.

Dari Kota Yogkarta, Pantai ini hanya berjarak, sekitar 40 KM saja. Akses jalan menuju ke pantai ini cukup mudah, yang bila ditempuh dengan berkendara baik roda dua maupun roda empat antara 45 menit - 1 jam.  Akses ke Pantai ini juga bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum, karena ada rute kendaraan umum yang menuju ke sana. 

Keindahan alam Pantai di Wediombo  sungguh memukau siapa saja yang melihatnya. Pantai ini, memiliki Pasir Putih, yang lembut dan air lautnya yang jernih.  Seperti halnya laut atau Pantai yang ada di Indonesia maka Pantai Wediombo memiliki keindahan bawah lautnya yang mempesona.

BACA JUGA:

Terumbu-terumbu Karang di Pantai ini, masih alami dan ikan-ikan berwarna-warni indah banyak bemain-main disekitar Terumbu Karangnya. Para pencinta Snorekeling di Indonesia terutama di Yogyakarta menjadikan tempat ini syurga bagi mereka untuk  menyalurkan hobi. 

Untuk lokasi-lokasi Snorkeling di Pantai Wediombo ini ada dua titik, lokasi pertama  berada di Pinggir Pantai, sedangkan lokasi kedua berada agak di tengah laut. Lokasi snorkeling yang berada di bibir Pantai ini Pengunjung bisa menyisirinya, dan kedalamannya tidak terlalu dalam hanya 2-3 meter. Bagi para pemula cocok sekali mendatangi titik pertama ini.

Sementara untuk  tiba ke ,lokasi snorkeling yang berada agak di tengah laut, pengunjung harus menggunakan perahu yang banyak disewakan oleh masyarakat setempat. Khusus kedalaman di titik ke-dua ini antara 3-10 meter dari permukaan laut. Cocok sekali bagi penghobi olahraga snorkeling yang sudah berpengalaman. 

Terumbu-terumbu Karang di Pantai Wediombo, sangatlah indah dan masih alami. Ikan-ikan banyak bermain di sekitar Terumbu Karang itu dan memiliki bentuk dan warna yang indah-indah. Di Pantai ini juga terdapat berbagi jenis ikan seperti ikan nemo, ikan pari dan ikan hiu.

Kalau pengunjung sudah membawa peralatan snorkeling sendiri tidak ada biaya tambahan. Namun kita juga bisa menyewa peralatan snorkelin di sana.

BACA JUGA:

Untuk harga sewa antara Rp 50.000 sampai Rp 100.000 . Tiket masuk ke Pantai Wediombo Rp 5.000 per orang. Biaya itu sudah termasuk tiket parkir kendaraan.

Bagi yang ingin menginap di Pantai di kenakan tiket masuk Rp 10.000 per orang. Di Pantai Wediombo juga tersedia penginapan. Untuk harga penginapan berkisar antara  Rp 200.000 sampai Rp 1.,000.000 per malam.

Pantai Wediombo buka 24 jam, terbuka pula untuk  umum , setiap hari. Wisatawan disarankan untuk  datang saat pagi hari atau sore hari sebab kedua waktu tersebut cuaca tidak terlalu panas. Selain itu Pantai Wediombo juga memiliki ombak yang bagus dan cocok bagi yang hobi berolahraga selancar. 

Tunggu apalgi segera putuskan agar anda bisa berlibur ke Pantai Wediombo di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. 

Kategori :