Jerome Kurnia Belajar Eksorsisme, 'Kuasa Gelap' Menjadi Tantangan

Jumat 23-08-2024,14:42 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID -  Jerome Kurnia berperan sebagai Romo Thomas dalam film horor Kuasa Gelap, sebuah karya yang akan menjadi debut film eksorsisme pertama di Indonesia. 

Saat menjalani perannya ini, Jerome mengakui, bahkan mempelajari praktik eksorsisme secara rinci, yaitu proses pengusiran setan dalam agama Katolik yang menjadi inti cerita film tersebut.

Jerome Kurnia Belajar dari Romo untuk Kuasa Gelap

Di bawah arahan sutradara Bobby Prasetyo, aktor kelahiran 1994 itu bercerita tentang proses persiapan film yang melibatkan seorang romo berpengalaman. 

Jerome menyebutkan, setiap hari jajaran pemeran diarahkan untuk belajar seperti di dalam kelas.

“Dia (romo) adalah salah satu dari dua orang di Indonesia yang diizinkan Vatikan untuk melakukan eksorsisme,” ungkap Jerome, saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Bahkan demi persiapan peran yang matang, Jerome dan beberapa pemeran diberi kesempatan untuk menyaksikan upacara eksorsisme secara langsung. 

"Kami workshop berhari-hari, bahkan dikasih lihat mereka melakukan proses eksorsisme di depan mata kami,” kata Jerome menambahkan.

BACA JUGA:Daftar Film Bakal Tayang di Netflix September 2024

Tentang Praktik Eksorsisme

Pria berdarah Jerman-Indonesia itu menyebutkan, praktik eksorsisme ini dilakukan dengan persetujuan penuh dari pasien dan gereja, serta mengikuti panduan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) agar adegan eksorsisme dalam film dapat merepresentasikan ritual tersebut secara autentik. "Dia (romo) juga suka cerita tentang apa yang pernah dia alami saat eksorsisme, juga pasien-pasiennya," ungkapnya.

Jerome mengaku puas dengan pengalaman ini karena ia memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dari Kuasa Gelap, terutama tentang pendalaman teknis di agama yang dianutnya. 

"Dari doa-doanya, dari betapa terstrukturnya Gereja Katolik sebetulnya gitu. Kalau nggak ada film ini, mungkin aku nggak akan belajar sedalam itu," ujarnya.

Film Kuasa Gelap akan tayang pada 3 Oktober 2024 di seluruh bioskop Tanah Air. Mengangkat tema eksorsisme dengan latar belakang agama Katolik, film ini bercerita tentang seorang pastor yang meragukan imannya dan terpaksa terlibat dalam pengusiran setan dari seorang perempuan. 

Kategori :