Jarang Diperhatikan! Ini Aturan Kilometer Ganti Busi Mobil, Cek Estimasi Biayanya

Rabu 21-08-2024,13:26 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Busi adalah salah satu komponen pada kendaraan yang sangat penting terutama dalam system pengapian.

Bagi yang belum tahu, fungsi Utama busi adalah untuk menghasilkan percikan-percikan api yang dibutuhkan untuk membakar campuran Udara dan bahan bakar yang terjadi di ruang bakar mesin.

Akan tetapi seiring masa pemakaian kendaraan, busi bisa mengalami keausan yang mengakibatkan penurunan kinerja, sehingga perlu adanya pergantian busi secara berkala agar performa dan kinerja mesin tetap terjaga.

BACA JUGA:Viral Video Mobil Berhenti di Tol Kuningan, Sopir Meninggal Dunia di Dalam

BACA JUGA:Viral! Mobil dengan Atribut Stiker Bendera Israel Berkeliaran Bebas di Bali

Selain itu, busi juga merupakan komponen yang sangat vital pada kendaraan, jika pengapian kendaraan mengalami masalah tentu akan berdampak pada kendaraan dan bisa mengganggu perjalanan Anda.

Lantas berapa kilometer yang tepat untuk melakukan penggantian busi yang baru?

Masih banyak yang tidak mengetahui bahwa ada hal yang harus diperhatikan pemilik kendaraan khususnya mobil untuk melakukan pergantian busi secara berkala.

Padahal jika busi mengalami masalah, mobil akan mengalami gangguan, seperti mobil ngadat, susah untuk dinyalakan, bahkan tarikan mobil bisa terasa pincang.

Untuk mendukung tenaga mesin mobil tetap prima, sebaiknya pemilik kendaraan melakukan pergantian busi yang baru setelah pemakaian 60.000 kilometer. Atau memasuki usia 12 bulan tergantung dari masa pemakaiannya.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pengecekan rutin busi mobil minimal satu kali dan sebulan. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas busi dan juga menghindari permasalahan busi otor atau meleleh. Dan tentunya pastikan menggunakan busi yang asli.

Biaya Ganti Busi Mobil

Diketahui bahwa penggantian busi bervariatif, tergantung dari jenis busi, merek kendaraan, dan bengkel tempat Anda melakukan service mobil.

Namun berikut ini adalah gambaran umum mengenai biaya yang bisa Anda ketahui terkait biaya ganti busi:

Kategori :