Melihat Desa Wisata Pulesari di Sleman, Sejarah Hingga Keindahan Alam Tersaji Lengkap

Selasa 20-08-2024,14:20 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Pemerintah Presiden Jokowi sejak tahun lalu mencanangkan program Desa Wisata. Desa wisata adalah, pembinaan desa berupa mengangkat sektor kepariwasataan di satu Desa sehingga bisa dikenal luas seluruh masyarakat baik wisatawan asing maupun lokal.

Program Desa Wisata dilaksanakan di ribuan Desa-desa di seluruh Indonesia yang memiliki potensi kepariwisataan. Dana pembinaannya diperoleh dari Program Dana Desa (DD) yang setiap bisa bisa memperoleh mencapai Miliaran ruipiah per tahun dari Pemerintah Pusat.

Salah satu Desa Wisata yang sudah terkenal luas adalah Desa Wisata Pulesari yang berada di Dusun Pulesari Desa Wono Kerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Desa wisata yang satu ini memiliki sejumlah pesona alam tiada tara, sehingga mendapat julukan sebagai syurganya wisata di Yogkarta, khususnya di Kabupaten Sleman.

BACA JUGA:Catat! Wisata Internasional di Korea Utara akan Segera Dibuka Lagi, Infonya pada Desember 2024

Meski statusnya hanya sebuah Desa, namuin Pembangunan di sini menyentuh sampai ke dusun-dusun yang ada. Akses jalan-jalan menuju ke Desa Pulesari ini cukup bagus dan muidah dilalui sehingga Desa Puleseri bisa dijangkau menggunakan kendaraan 

Selain itu pula akses menuju ke Desa Pulesari cukup dekat. Jarak dari Ibu Kota Kabupaten Sleman di Provinsi DI Yogyakarta hanya 21  KM atau hanya butuh waktu tempun xekitar 40 menit untuk sampai ke Lokasi Desa Wisata Pulesari Sleman ini. Sudah barang tentu cukup dekat kan..

Kemajuan Teknologi Digital dewasa ini, akan memudahkan guna menemukan desa Pulesari karena sudah terdaftar di Google Map. Kita cukup mengetik nama desa dan kabupatennya akan termonitor secera lengkap arah peta menuju ke Desa. Jalan lurus saja kemudian ambil jalan Turi. dari sana kemudian lurus sampai kira-kira 4 KM lagi akan sampai desa Pulaseri.

Untuk harga tike masuk ke Desa Wisata Pulesari bervariasi mulai dari Rp 55 ribu sampai dengan Rp 105 ribu untuk  paket tradisi dari 1 sampai 4.

BACA JUGA:Turis Thailand Gelar Aksi Boikot Liburan ke Korsel di Medsos, Apa Penyebab dan Dampaknya, Simak Ulasannya

Jumlah Kuota tiap-tiap paket berbeda-beda bergantung mana yang akan dipilih. Misalnya untuk  20 orang, berupa paket tradisi 1 dan 2. Sedangkan paket tradisi 3 dan 4 minimal 25 orang. Dengan begitu  rombongan wisata  bisa memilih paket-paket yang disukai.

Desa Wisata Pulesari ini akan menyajikan beragam budaya, masyarakat setempat dan dikemas secara menarik tampa menghilangkan kearifan lokal budaya masyarakat setempat. 

Di Desa ini selain wisata budaya, juga sudah ditambah berbagai macam wahana permainan seperti untuk  Outbond sambil menikmati indahnya alam Desa Pulesari. Kita juga bisa mendapatkan wisata Sejarah tentang Desa ini, termasuk,kabupaten sleman secara umum. ***

Kategori :