BPIP Pastikan Paskibraka Bisa Pakai Jilbab Saat Pengibaran Bendera Merah Putih Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Kamis 15-08-2024,18:40 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memastikan anggota Pakibraka 2024 diperbolehkan memakai jilbab Saat Pengibaran Bendera Merah Putih pada Upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ketua BPIP Yudian Wahyudi mengungkapkan rasa terima kasihnya dan Apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran media dalam memberitakan kiprah Paskibraka selama ini. 

BPIP juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh Masyarakat Indonesia atas pemberitaan yang berkembang terkait dengan berita Pelepasan Jilbab bagi Paskibraka Putri Tingkat Pusat Tahun 2024 yang menghiasi pemberitaan, baik yang ada di Media Online maupun Media Massa lainnya," ungkapnya dalam keterangan persnya Kamis, 15 Agustus 2024.

Menindaklanjuti konferensi pers yang dilakukan oleh BPIP pada tanggal 14 Agustus 2024, serta mencermati perkembangan pemberitaan terkait pelepasan jilbab bagi anggota Paskibraka Putri Tingkat Pusat Tahun 2024, dengan ini BPIP menegaskan mengikuti arahan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) selaku Penanggungjawab Pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79.

BACA JUGA:

"Kaetpres (Heru Budi Hartono) menyampaikan bahwa Paskibraka Putri yang mengenakan jilbab dapat bertugas tanpa melepaskan jilbabnya dalam pengibaran Sang Saka Merah Putih pada Peringatan HUT RI ke-79 di Ibukota Nusantara," katanya. 

Untuk itu terkait pernyataan Kasetpre, BPIP memastikan seluruh anggota Paskibraka baik di tingkat pusat maupun daerah tak dilarang menggunakan jilbab saat bertugas.

Paskibraka Tak Perlu Lepas Jilbab

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono angkat bicara soal Paskibraka putri yang tidak boleh menggunakan hijab. 

Heru Budi menegaskan, Paskibraka putri itu boleh mengenakan jilbab saat melaksanakan prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di IKN, Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami baik ditingkat pusat yang akan besok tanggal 17 melakukan pengibaran bendera tetap mengunakan sebagai mana adik-adik kita mendaftar menggunakan jilbab," ujarnya di Balai Agung, Jakarta Pusat pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Heru Budi mengaku melihat anggota Paskibraka putri tetap mengenakan jilbab hitam pagi tadi. Saat dirinya mengunjungi IKN untuk persiapan gladi bersih.

BACA JUGA:

"Kalau saat pengukuhan saya gak tahu. Jadi kan saat mereka masuk istana mereka sudah seperti itu, tapi perintah kami adalah meminta kepada seluruh adik-adik putri yang memang menggunakan jilbab untuk tetap gunakan itu," tegas Heru.

Orang nomor satu di Jakarta saat ini mengetahui hal tersebut karena adanya laporan. Sebab, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tidak berkomunikasi kepada pihaknya.

Kategori :