Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2024 Zona Asia, Ini Asa Nathan Tjoe-A-On untuk Timnas Indonesia

Minggu 04-08-2024,07:20 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On merasa bangga bisa menjadi bagian dari skuad Garuda.

Lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001, Nathan Tjoe-A-On bertekad selalu memberikan yang terbaik untuk Indonesia pada setiap penampilannya. 

"Selalu menjadi sebuah kehormatan bisa bermain untuk tim nasional Indonesia," kata Nathan yang dilansir dari FIFA.com

"Ini membawa semangat dan dorongan ekstra bagi Anda. Kehormatan besar bisa bermain untuk negara ini. Di Indonesia, khususnya dukungan fans dan masyarakat sangat besar. Ini gila, benar-benar memberi Anda dorongan. Makanya selalu ada rasa ingin memberikan yang terbaik dan membuat mereka bangga, tentunya."

Nathan Tjoe-A-On di naturalisasi pada Maret 2024 dan melakukan debut saat Indonesia bertemu Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua. Selain di senior, ia juga menjelma sebagai tulang punggung di tim U-23 Indonesia.

"Kami belajar [dari pengalaman internasionalnya] bahwa kami bisa, menunjukkan kepada tim atau negara lain betapa bagus kami sebenarnya. Saya pikir juga di tim U-23, kami mengalahkan beberapa negara yang sangat bagus, karena kami percaya pada diri kami sendiri. Jadi saya pikir itulah yang kami lakukan di tim senior bahwa kami juga percaya pada diri sendiri dan kami yakin bisa melakukan sesuatu."

BACA JUGA:

"Kami sangat antusias dengan apa yang akan kami hadapi. Saya pikir kami harus mempersiapkan diri saat pramusim di klub kami dan mendapatkan diri dalam kondisi terbaik untuk menghadapi pertandingan-pertandingan yang akan datang dan menjadi bugar untuk tampil sebaik mungkin," tambah pemain asal Swansea City tersebut.

Indonesia akan berjuang di putaran ketiga Piala Dunia 2026 grup C zona Asia. Skuad Garuda bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, Tiongkok. Pada tanggal 5 dan 10 September mendatang, Indonesia akan melawan Arab Saudi dan Australia.  

"Ini adalah grup yang penuh dengan banyak kualitas, tapi saya pikir kami juga punya banyak kualitas. Kami tidak boleh takut dengan tim-tim ini, karena ya, ini adalah sepak bola, segalanya bisa terjadi. Kami hanya perlu menganalisa dengan baik bagaimana cara mereka bermain dan di mana peluang kami berada, lalu kami harus bisa memanfaatkan kelemahan mereka dan menunjukkan kualitas kami."

Nathan Tjoe-A-On memastikan akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa mewujudkan Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026

"Saya kira bagi setiap pemain, jika saya berbicara mewakili semua pemain di tim kami, itu [lolos ke Piala Dunia] adalah impian," tegasnya.

"Ketika Anda masih muda dan masih kecil, Anda selalu bermimpi bermain di panggung besar. Jika Anda mampu mencoba untuk mendapatkan kesempatan tahapan atau akhir turnamen [kualifikasi] maka Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk mencapai tujuan itu. Tentu saja ini sangat berarti bagi kami, mimpi yang bisa menjadi kenyataan bagi kami sebagai pemain dan juga negara ini, tentu saja."

"Dengan format baru ini, tentunya ada lebih banyak peluang bagi wakil Asia untuk lolos ke Piala Dunia, dan menurut saya, ya, ini sangat bagus untuk Piala Dunia karena sekarang Anda bisa melihat lebih banyak negara lain yang mungkin biasanya sulit untuk lolos karena tidak terlalu banyak tempat, tapi sekarang ada peluang lebih besar, jadi menurut saya ini bagus," katanya.

"Saya pikir kami juga punya peluang bagus [untuk lolos]. Kami memiliki tim yang bagus, kami sedang berkembang. Kalau melihat pertandingan, misalnya di bulan Maret dan pertandingan yang kami mainkan di bulan Juni, sudah terlihat perbedaan besar dalam gaya bermain kami. Jadi, ya, jika kami terus berkembang, saya pikir kami memiliki peluang yang sangat bagus."

Kategori :