Update! Review Realme 13 Pro dan 13 Pro+ Debut di Negara Bollywood, Usung 2 Teknologi Canggih

Sabtu 03-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Realme, salah satu produsen smartphone terkemuka, baru saja meluncurkan duo ponsel terbarunya, Realme 13 Pro dan Realme 13 Pro+, di pasar India. Kedua model ini dirancang untuk kelas menengah dengan membawa sejumlah pembaruan signifikan dibandingkan pendahulunya. Dengan membawa chipset terbaru, sistem pendingin yang lebih baik, dan kamera yang ditingkatkan, Realme berharap kedua smartphone ini dapat menarik minat pengguna yang mencari performa tinggi dan kualitas kamera yang mumpuni.

Dari sisi desain, Realme 13 Pro dan 13 Pro+ tidak banyak berubah dari seri sebelumnya. Keduanya tetap mempertahankan ciri khas desain dengan bump kamera berbentuk bulat yang cukup besar di bagian tengah belakang. Desain ini memberikan kesan mewah dan berbeda dari kebanyakan ponsel lain di pasaran. Pilihan warna baru juga ditambahkan untuk memberikan variasi yang lebih banyak bagi konsumen.

Layar kedua ponsel ini menggunakan panel AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi FHD+. Mereka mendukung refresh rate hingga 120Hz, yang memberikan pengalaman visual yang halus dan responsif. Selain itu, tingkat kecerahan maksimal yang mencapai 2000 nits memastikan visibilitas yang baik bahkan di bawah sinar matahari langsung. Kedua layar juga mendukung PWM dimming 2160Hz dan memiliki cakupan warna 100% DCI-P3, yang menjamin tampilan warna yang hidup dan akurat. Layar ini dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass 7i yang memberikan ketahanan ekstra terhadap goresan dan benturan.

Dapur pacu kedua model ini diperkuat oleh chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 (4nm), yang menawarkan keseimbangan antara efisiensi daya dan performa tinggi. Chipset ini didukung oleh RAM LPDDR4X hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 yang bisa mencapai kapasitas 512GB. Kombinasi ini memastikan kinerja yang cepat dan lancar, baik untuk multitasking, bermain game, maupun penggunaan aplikasi berat lainnya.

BACA JUGA:Trik Stalking Akun IG Privat Tanpa Follow dengan IGLookup, Begini Cara Kerjanya:

BACA JUGA:Xiaomi TV A Pro 2025 Dilengkapi Panel QLED dengan Resolusi 4K, Smart TV Paling Canggih Harga Rp3 Jutaan

Untuk menjaga performa tetap optimal, Realme 13 Pro dan Pro+ dilengkapi dengan sistem pendingin yang menggunakan vapor chamber dengan luas 4.500mm². Sistem pendingin ini dirancang untuk mengatasi panas yang dihasilkan selama penggunaan intensif, sehingga ponsel tetap dingin dan kinerja tidak menurun.

Sektor kamera menjadi salah satu sorotan utama dari Realme 13 Pro dan 13 Pro+. Untuk model Pro+, terdapat konfigurasi tiga kamera dengan kamera utama menggunakan sensor 50MP Sony LYT-701 yang memiliki aperture f/1.8 dan mendukung OIS (Optical Image Stabilization). Kamera ultrawide 8MP dengan aperture f/2.2 dan kamera periskop telefoto 50MP dengan sensor Sony LYT-600 dan aperture f/2.65 melengkapi sistem kamera ini. Kamera periskop ini mendukung 3x optical zoom, memberikan fleksibilitas lebih dalam pengambilan gambar jarak jauh.

Sementara itu, Realme 13 Pro sedikit lebih sederhana dengan dua kamera belakang. Kamera utamanya menggunakan sensor 50MP Sony LYT-600 dengan aperture f/1.88 dan OIS, ditambah dengan kamera ultrawide 8MP (aperture f/2.2). Kedua model juga dilengkapi dengan kamera selfie 32MP yang ditempatkan dalam notch punch hole di layar, memastikan hasil foto selfie yang tajam dan detail.

Dalam hal daya, kedua model ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.200mAh. Namun, ada perbedaan dalam kecepatan pengisian daya. Realme 13 Pro kini mendukung pengisian cepat 45W, sementara model Pro+ dapat mengisi daya dengan cepat hingga 80W. Ini merupakan peningkatan signifikan dari model sebelumnya, meskipun pada Realme 13 Pro kecepatan pengisian daya sedikit diturunkan dari 67W menjadi 45W.

BACA JUGA:Vivo Y18I, Ponsel Murah dengan Layar Super Mulus dan Baterai Jumbo!

BACA JUGA:Kode Redeem PUBG Mobile Terbaru 30 Juli 2024, Banyak Banget Item Menarik Gratis Hari Ini!

Realme 13 Pro dibanderol mulai dari Rp5,2 jutaan untuk varian 8/128GB, sedangkan Realme 13 Pro+ dijual mulai dari Rp6,4 jutaan dengan konfigurasi terendah 8/256GB. Meski baru diluncurkan di India, kedua model ini dipastikan akan masuk ke pasar Indonesia, sesuai dengan pantauan pada database TKDN. Namun, belum ada informasi pasti mengenai tanggal peluncuran di Indonesia.

Kategori :