Miris! Guru Curhat di Medsos Masih Ada Puluhan Siswa SMP yang Belum Bisa Membaca

Sabtu 03-08-2024,09:17 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Baru-baru ini seorang guru tangah mengungkap fakta yang ia bagikan melalui unggahan video di salah satu platform media sosial TikTok. Melalui akun media sosialnya, guru tersebut mengeluhkan banyak siswa SMP yang belum mampu membaca dengan benar dan lancar. 

"Indonesia sedang tidak baik-baik saja, anak SMP banyak yang ngga bisa baca dan ngga tau huruf," tulis akun TikTok @sarah_2293, yang dikutip pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Selain itu, guru SMP tersebut juga menyatakan bahwa siswa yang belum bisa membaca menjadi beban tambahan bagi guru dalam proses pengajaran. Dilansir dari unggahan akun tersebut banyak dari para siswa SMP yang belum bisa baca bahkan dikatakan buta huruf.

BACA JUGA:

Atas banyaknya siswa SMP yang dikatkan belum bisa Baca bahkan mengetahui huruf, menjadi beban tambahan kepada para guru.

"Akhirnya guru SMP mendapat tugas tambahan di luar jam ngajar harus ngajar siswa/i membaca," sambungnya.

"Tolong dong orang tua siswa harus peka sama anak sendiri, pelajaran SMP itu udah lumayan tinggi masa harus ngajari anaknya dari huruf A-Z lagi," ungkap Sarah.

Kepada guru SD, Sarah juga berpesan agar lebih bisa mengajarkan peserta didiknya untuk membaca.

"Guru-guru SD juga tolong dong ajarkan mereka huruf, kok bisa tamat SD tidak tau huruf dan tidak bisa membaca," ujarnya heran.

"Kalau 1-2 siswa mungkin maklum, lah ini 30an siswa ga bisa baca," ungkapnya miris.

Di akhir unggahannya, Sarah memberikan semangat kepada para guru yang bertugas membimbing peserta didiknya untuk bisa membaca.

BACA JUGA:

"Semangat para guru SMP yang berjuang keras tiap hari ngajari anak-anak membaca di aula semoga mendapatkan pahala berlipat-lipat, aamiin," tulisnya. Curhatan Sarah itu pun seketika menjadi sorotan hingga membuat banyak orang ikut prihatin.

Tentu saja unggahan tersebut menjadi viral dan mendapatkan berbagai tanggapan dari para netizen. Netizen mempertanyakan kualitan pendidikan yang saat ini sedang diemban oleh siswa maupun siswi di sekolah.

Karena dengan kejadian tersebut dunia pendidikan Indonesia dinilai masih sangat kurang bahkan jauh dari kata cukup. Sebab mereka penasaran mengapa siswi SMP yang notabenenya sudah satu tingkat lebih tinggi dari SD tidak bisa membaca.

Kategori :