Viral! Flare Menyala Diatas Atap Bus Damri saat Iring-iringan Perayaan Kemenangan Timnas U-19 di Bundaran HI

Rabu 31-07-2024,10:42 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Sebuah video yang memperlihatkan sebuah bus Damri menjadi sasaran petasan flare saat iring-iringan kemenangan Timnas U-19. Dalam video tersebut, petasan flare itu menyala ketika bus Damri melintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Perekam video, Reschi mengkonfirmasi peristiwa terjadi pada Senin, 29 Juli 2024 pukul 22.33 WIB. Saat itu bus Damri melaju dari arah Patung Kuda menuju Bundaran HI. 

"Saya nggak berani bilang itu (flare) dari siapa. Karena saya nggak liat sama sekali pelemparnya. Tapi momennya pas perayaan selebrasi juara AFF U-19 kemarin," kata Reschi saat dihubungi, pada Selasa, 30 Juli 2024.

Reschi mengatakan, saat itu dirinya dan warga lainnya mencoba memberitahu sopir Damri terkait adanya flare. Akan tetapi, sopir sepertinya tidak mendengar dan damri tetap melaju.

BACA JUGA:

"Nah, untuk momen pelemparannya nggak kelihatan. Saya waktu mau keluar halte Tosari tiba-tiba petugas TransJ teriak 'api, api' ke arah driver. Tapi, karena macet dan mungkin driver busnya nggak mendengar teriakan dari petugas TJ," ujarnya.

Reschi mengatakan flare tersebut menyala kurang lebih semenit lamanya. Beruntung, api dari flare tidak merambat dan menimbulkan kebakaran pada bus Damri tersebut.

"Untuk flare-nya sendiri menyala kurang dari 1 menit. Setelah itu mati sendiri. Kerusakan juga tidak terlihat detail karena posisi di bagian atas bus. Untuk kebakarannya tidak terjadi. Tapi mungkin kerusakan di bagian sistem AC atas bus mungkin ada," tuturnya.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Menteng, Kompol Bayu Marfiando, memastikan situasi kondusif. Bus damri yang ada di video tersebut pun tidak terbakar.

"Sejauh ini tidak ada bus yang terbakar," kata Bayu saat dihubungi.

Bayu mengatakan total ada sebanyak 500 suporter yang berkumpul di kawasan Bundaran HI kemarin malam. Massa yang hadir menyalakan flare dan juga memasuki bundaran air mancur.

BACA JUGA:

"Berkumpul massa dari suporter Timnas Indonesia sekitar 500 orang di Bundaran Hotel Indonesia dalam rangka euforia atas juaranya Indonesia dalam Piala AFF U-19. Massa memasuki bundaran air mancur sambil menyalakan kembang api (flare) dan mengibarkan berbagai bendera merah putih," jelasnya.

Bayu menambahkan massa berangsur membubarkan diri pada pukul 23.10 WIB. Dia memastikan situasi di lokasi kondusif.

"Massa berangsur-angsur membubarkan diri. Berikut anggota memberikan himbauan untuk membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke rumah masing-masing," pungkasnya.

Kategori :