7 Manfaat Mencampur Kopi dengan Kayu Manis: Baik untuk Imun dan Turunkan Berat Badan

Rabu 24-07-2024,15:36 WIB
Reporter : Viza Aulia Zahra
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan energi dan fokus. 

Namun, ketika kopi dipadukan dengan kayu manis, manfaatnya dapat meningkat secara signifikan. Kayu manis tidak hanya menambah rasa hangat dan aroma yang menyenangkan, tetapi juga membawa berbagai manfaat kesehatan. 

Berikut adalah beberapa manfaat konsumsi kopi dengan kayu manis:

1. Meningkatkan Metabolisme

Kayu manis telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Senyawa aktif dalam kayu manis, seperti cinnamaldehyde, dapat membantu meningkatkan laju metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. 

Saat ditambahkan ke dalam kopi, kombinasi ini dapat memberikan dorongan tambahan bagi mereka yang ingin mengelola berat badan.

2. Mengontrol Gula Darah

Kayu manis dikenal karena kemampuannya untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Ini penting bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes. 

Menambahkan kayu manis ke dalam kopi dapat membantu menstabilkan gula darah setelah makan dan mengurangi lonjakan insulin.

3. Sumber Antioksidan

Kopi dan kayu manis sama-sama kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan dini serta berbagai penyakit. 

Kombinasi ini dapat meningkatkan asupan antioksidan harian Anda, membantu menjaga kesehatan sel dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

4.  Menjaga Kesehatan Jantung

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan tekanan darah, yang merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung. 

Kategori :