Bantu Meningkatkan Kecerdasan Anak, Berikut Jus yang Disarankan untuk Dikonsumsi

Selasa 23-07-2024,14:11 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Untuk meningkatkan keceerdasan pada otak anak bisa dilakukan dengan mengonsumsi jus tertentu. Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kecerdasan seseorang mulai dari belajar, melakukan kegiatan mengasah otak, hingga makan makanan yang bernutrisi. 

Namun, ada beberapa jenis minuman terutama jus dari buah-buahan yang yang disebut baik untuk kecerdasan otak anak. Jus ini dapat membantu meningkatkan fungsi dan kemampuan otak. 

Selain rasanya enak, jus ini mudah diolah dan dikonsumsi oleh anak. Berikut beberapa jus yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak melansir berbagai sumber. 

BACA JUGA:

Jus alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan. Hal ini membuat alpukat jadi salah satu buah yang baik untuk otak. Makan alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal bisa menurunkan tekanan darah. Kondisi darah tinggi sendiri bisa menyebabkan penurunan kognitif. Jadi, dengan menurunkan tekanan darah tinggi melalui makan alpukat sama saja dengan menurunkan risiko penurunan kognitif.

Jus buah beri

Salah satu jus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak adalah buah beri. Berbagai jenis buah beri mengandung antioksidan flavonoid yang baik untuk otak. Mengutip Medical News Today, antioksidan ini bisa membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Banyak sekali efek positif buah beri untuk otak.

Misalnya, bisa meningkatkan komunikasi antar sel otak, membantu sel-sel otak membentuk koneksi baru yang bisa meningkatkan memori. Anda bisa memilih berbagai jenis buah beri untuk meningkatkan kecerdasan otak. Misalnya stroberi, blackberry, blueberry, hingga murbei.

Jus jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin satu ini berpotensi menawarkan manfaat neuroprotektif. Sebuah tinjauan terhadap 50 penelitian pada manusia menemukan, mereka yang memiliki kadar vitamin C lebih tinggi memiliki skor perhatian, memori, dan bahasa yang lebih baik dari mereka dengan kadar vitamin C yang rendah. Namun, jus ini lebih tinggi kalori dibandingkan buah utuh. Asupan gula tambahan dikaitkan dengan kondisi obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:

Jus jambu biji

Semua orang pasti setuju buah yang satu ini sangat lezat saat diolah jadi jus. Ya, jambu biji kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, C, B3, hingga B6 yang sangat tinggi. Buah ini juga mengandung karotenoid dan polifenol yang cukup banyak. Karotenoid dikenal sebagai agen antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Sifat-sifat ini memberikan banyak dukungan untuk sistem saraf dengan melindunginya dari radikal bebas, peradangan, dan kerusakan DNA. Polifenol bermanfaat karena sifat neuroprotektif yang dapat membantu mencegah kerusakan.

Jus tomat

Kategori :