Regulasi Baru di Liga 1 Musim 2024-25, PT LIB: Kami Berharap Kompetisi Lebih Berkualitas!

Sabtu 20-07-2024,16:15 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Beberapa pemain lokal akan sedikit terjepit pasca pihak PT.Tsunami pemain asing ini dikhawatirkan bakal mengancam eksistensi pemain lokal.

Para pemain lokal ini dinilai bakal sulit bersaing dengan para pemain impor tersebut. Liga Indonesia Baru (LIB) mengumumkan regulasi resmi untuk kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 mendatang.

Tsunami pemain asing ini dikhawatirkan bakal mengancam eksistensi pemain lokal. Para pemain lokal ini dinilai bakal sulit bersaing dengan para pemain impor tersebut. 

Pasalnya, dalam kompetisi nanti, klub diberikan jatah lebih untuk mendatangkan jumlah pemain asing.

Kepastian tersebut disampaikan resmi melalui halaman web resmi PT. LIB sebagai operator Liga. Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menginformasikan bahwa kompetisi Liga 1 2024/25 akan dimulai pada Agustus 2024. 

BACA JUGA:

"Kompetisi Liga 1 akan dimulai pada 2 Agustus 2024 dan akan berakhir pada bulan Mei 2025. Kami berharap semua kontestan Liga 1 musim depan, bisa melakukan persiapan dari sekarang,” ujarnya

Ferry Paulus juga memaparkan jika beberapa kebijakan juga diubah. Misalnya, soal kuota pemain asing. 

Pada Liga 1 2024/25, klub bisa mengontrak 8 pemain asing.

Dengan komposisi 6+2. Artinya, dari 8 pemain asing yang dikontrak, 2 pemain harus berasal dari Asia. 

“Jika klub mengontrak 8 pemain asing, ketentuan yang bisa menjadi starter adalah 5+1. Pada Daftar Susunan Pemain (DSP), boleh 6+2 dimasukkan. Akan tetapi starter atau yang berada di lapangan, maksimal 5+1. Itu artinya pemain asing cadangan bisa masuk jika menggantikan pemain asing lain yang diturunkan,” lanjutnya. 

Namun, tak selamanya para pemain lokal sulit bersaing dengan pemain asing. Ada sejumlah pemain lokal yang memiliki potensi untuk bersaing dengan pemain asing tersebut.

Salah satu pemain ini adalah Rizky Ridho. Pemain berusia 22 tahun ini hampir bisa dipastikan akan tetap mendapat satu posisi inti di skuad Persija Jakarta.

Soal kemampuan, reputasi, dan potensi, Ridho memang tak bisa diragukan. Taksiran nilai pasar pemain berusia 22 tahun tersebut, yang mencapai Rp7,39 miliar, cukup untuk menjelaskan berharganya sosok Ridho.

Dengan nilai ini, Ridho menjadi salah satu pemain lokal 'termahal' di Liga 1 2024/2025.

Kategori :