Simak Tips Berikut Agar Tetap Hangat dan Nyaman saat Cuaca Dingin

Kamis 18-07-2024,13:26 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Terkadang kondisi suhu udara yang dingin di beberapa wilayah merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi ketika masa puncak kemarau di bulan Juli-Agustus. Bagi sebagian orang, kondisi dingin ini berpengaruh terhadap kondisi tubuh juga.

Cuaca dingin menyebabkan otot berkontraksi dan menjadi kaku, yang dapat menimbulkan rasa sakit. Otot yang sudah lemah dapat menjadi lebih tegang dan harus bekerja lebih keras untuk melakukan pemanasan dan tetap hangat. 

Latihan peregangan dan rentang gerak (ROM) dapat bermanfaat sepanjang tahun, tetapi latihan ini dapat sangat membantu saat suhu turun. Pijat otot juga dianjurkan dan merupakan cara yang bagus untuk melemaskan anggota tubuh yang kaku.

BACA JUGA:

Penyebab lain otot kaku adalah udara kering. Terlepas dari suhu yang ingin Anda atur pada termostat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pelembap udara untuk rumah Anda guna membantu mengatasi udara kering. 

Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk untuk membersihkan dan mengganti filter sesuai kebutuhan. Lantas, bagaimana cara menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar, agar kita tetap beraktivitas dengan baik? 

Mengonsumsi Minuman Hangat

Rasanya sudah menjadi kewajiban membuat minuman hangat di kala cuaca sedang dingin-dinginnya. Meski air hangat tidak benar-benar meningkatkan suhu internal tubuh, namun sensasi hangat yang dihasilkan dapat membuat Anda merasa lebih baik. Menurut penelitian, mulut merupakan salah satu bagian tubuh paling sensitif. Jadi, jika ada air panas menyentuh mulut, maka akan diikuti dengan sensasi hangat pada tubuh.

Kenakan Pakaian Hangat tapi Nyaman

Untuk menghangatkan tubuhmu ketika beraktivitas di luar, tentunya pakaian hangat salah satu solusinya, namun dianjurkan agar pakaian yang digunakan dapat menahan panas tubuh. Salah satu contohnya seperti jaket bulu angsa yang cocok menjaga suhu tubuh agar mampu menahan dingin. Ia juga menganjurkan untuk menggunakan syal, sarung tangan, kaos kaki bilamana diperlukan. 

BACA JUGA:

Memenuhi Kebutuhan Zat Besi dan Vitamin B12

Kekurangan zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan seseorang berisiko terkena anemia. Nah, ketika Anda terserang anemia, maka tubuh Anda akan lebih merasa kedinginan. Kondisi anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah terlalu sedikit sehingga tidak dapat mengantarkan oksigen secara cukup ke seluruh tubuh. Oleh karenanya, penting menjaga kebutuhan zat besi dan vitamin B12 di musim hujan agar terhindar dari serangan anemia yang menyebabkan tubuh merasa lebih kedinginan.

Makan dengan Teratur 

Makan teratur merupakan saran yang sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat. Makan tidak dianjurkan menunggu lapar, makan teratur merupakan salah satu jawaban untuk menjaga tubuh tetap sehat, dan ini tak bisa dilewatkan, khususnya sarapan pagi. 

Kategori :