Manfaat Sempurna Vitamin D untuk Kesehatan, Salah Satunya Mampu Atasi Gangguan Depresi

Senin 15-07-2024,07:30 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mengonsumsi asupan vitamin sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi vitamin D.

Dengan mengonsumsi vitamin D dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh kita juga dapat menjaga kesehatan jantung agar tetap optimal.

Vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan fosfat serta kalsium yang penting untuk tubuh serta menjaga otot, tulang, gigi yang sehat. Vitamin D merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak yang mampu disimpan dalam tubuh dengan waktu yang lama.

Beberapa fungsi Vitamin D lainnya juga baik untuk sistem kekebalan tubuh serta sistem saraf pada manusia. Vitamin D juga dapat mencegah penyakit kanker serta penyakit yang menyerang organ otak.

BACA JUGA:

Manfaat Vitamin D

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, beberapa manfaat dari vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut:

Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari Vitamin D yang pertama yaitu mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, dengan mengonsumsi Vitamin D dapat membantu sistem kerja sel darah putih dalam melawan patogen. Antiradang dan antioksidan yang terkandung dalam Vitamin D yang bisa meningkatkan sistem kerja imun, otot dan saraf tubuh.

Mampu Mengatasi Gangguan Depresi

Kamu yang sering banyak fikiran sampai depresi dan stress sebaiknya dianjurkan untuk mengonsumsi Vitamin D yang mampu untuk membantu meredakan stress dan membuat fikiran dan hati menjadi lebih tenang. Telah dibuktikan oleh beberapa peneliti yang menunjukkan bahwa seseorang yang kurang mengonsumsi vitamin D sering mengalami depresi yang tinggi.

Baik Untuk Ibu Hamil

Dengan mengonsumsi vitamin D ibu hamil dianjurkan untuk berjemur di pagi hari selama 10 sampai 15 menit, baiknya lagi ibu hamil saat berjemur menggunakan kacamata dan topi untuk melindungi area wajah dari paparan sinar matahari. Sebab apabila bayi kekurangan vitamin D akan membuat gigi, tulang dan otot menjadi lemah, tak hanya itu bahkan bisa menimbulkan penyakit rakitis atau pada tulang pada bayi yang baru lahir.

Mampu Menurunkan Resiko Diabetes

Vitamin D juga dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena penyakit diabtes tipe 1 dan tipe 2. Sebab kandungan Vitamin D dapat memproduksi hormon insulin yang ada dalam tubuh. Sebab insulin berperan untuk mengatur kadar gula darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

Kategori :