11 Manfaat Daun Pepaya yang Baik untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Jumat 05-07-2024,09:14 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Putri Indah

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun pepaya secara alami mampu melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mempunyai kandungan lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C, dan E yang menunjang sistem kekebalan tubuh.

5. Anti Malaria

Daun pepaya juga memiliki sifat anti malaria. Maka dari itu, jus daun pepaya sering dimanfaatkan di berbagai belahan dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

6. Mengontrol Darah Tinggi

Pengobatan tradisional di Negara Meksiko sering memanfaatkan daun pepaya sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi. Daun pepaya memiliki kemampuan untuk melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan juga kematian dini.

7. Membantu Penyakit Pembesaran Prostat

Daun pepaya dapat membantu mengatasi masalah pembesaran prostat jinak dan masalah terkait lainnya, seperti lesi dubur

8. Mengatasi Jerawat

Untuk mengatasi jerawat, gunakan daunnya yang muda yang dihaluskan menjadi pasta dan gunakan sebagai masker wajah. Setelah 10-30 menit, bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:

9. Meningkatkan Trombosit

Daunnya sangat penting dalam meningkatkan jumlah trombosit, terutama bagi mereka yang mengalami kekurangan vitamin, menjalani kemoterapi, atau menderita demam berdarah.

10. Menjaga Kesehatan Kulit 

Salah satu manfaat daun pepaya untuk kesehatan lainnya yakni menjaga kesehatan kulit. Daun pepaya bisa menjaga kulit tetap bersih dan cerah. Saat dioleskan ke kulit, daun pepaya bisa memberikan kelembaban, mencegahnya kering dan pecah-pecah.

Sifat antioksidan dalam daun pepaya bisa juga membantu memperlambat proses penuaan. Daun pepaya secara keseluruhan bermanfaat untuk kesehatan kulit dalam segala hal. 

Kategori :