Bagaimana Cara Menambah Akselerasi Motor Listrik? Simak di sini!

Sabtu 10-08-2024,18:03 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Definisi akselerasi adalah perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Umumnya, percepatan dilihat sebagai gerakan suatu obyek yang semakin cepat ataupun lambat. Namun percepatan adalah besaran vektor, sehingga percepatan memiliki besaran dan arah. 

Menurut istilah dalam dunia otomotif Akselerasi yaitu Penambahan kecepatan melalui pemutaran handel gas atau kecepatan lari awal kendaraan. 

Akselarasi atau percepatan merupakan istilah yang digunakan untuk peningkatan kecepatan. Percepatan merupakan perubahan kecepatan dalamsatu waktu tertentu. Pada umumnya, percepatan dilihat sebagai gerakan suatu obyek yang semakin cepat ataupun lambat. Pengambilan tema berdasarkan atas inti kegiatan dari balapan. 

Percepatan dari sebuah benda ada dua, yakni percepatan positif yaitu penambahan kecepatan sebuah benda (dipercepat), dan percepatan negatif yaitu pengurangan kecepatan sebuah benda (diperlambat). 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Hal yang Wajib Diperhatikan Jika Ingin Modifikasi Audio Mobil Listrik

Berikut akan di jelaskan cara menambah laju motor Listrik:

Kecepatan maksimal motor listrik menjadi hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan membelinya. Dengan kecepatan yang bisa kamu atur, tentunya motor listrik dapat melaju di jalan secara aman. 

Jika ingin mengetahui kecepatan maksimalnya, bahkan kamu bisa berkendara sampai dengan 80 km/jam. Kecepatan motor listrik dari rata-ratanya bisa menempuh jarak sekitar 100 km. Didukung dengan ketahanan dan kualitas baterai yang mumpuni, tentunya kamu bisa mewujudkan perjalanan ini tanpa harus khawatir. 

Kamu dapat mengamatinya berdasarkan hubungan torsi dan dan daya yang berbanding lurus. Semakin besar daya motor, maka semakin besar pula torsi atau tenaganya, tapi semakin kecil daya motor, semakin kecil pula torsinya.

BACA JUGA:Pengguna BPJS Semakin Merasakan Kemudahan untuk Urus Administrasi Kepesertaan JKN

Kecepatan pada motor listrik bisa dipengaruhi oleh dinamo dan kekuatan baterainya. Jika dinamo pada motor listrik lebih kecil dari 2.000 Watt, maka kecepatannya biasanya tidak akan mencapai 50 km/jam. Mungkin kamu akan merasa bahwa kecepatan motor listrik dengan dinamo lebih kecil dari 2.000 Watt sangatlah kecil. Akan tetapi, pemerintah sudah mengatur bahwa maksimal kecepatan pemakaian motor di jalan raya perkotaan adalah 50 km/jam.

Oleh karena itu, kecepatan maksimal motor listrik 50 km/jam sudah cukup untuk di daerah perkotaan. Jika ingin kecepatan motor listrik yang hampir sama dengan motor berbahan bakar minyak, maka kamu bisa miliki dinamo yang sama dengan 2.000 Watt atau lebih.

Dengan dinamo ini, motor listrik bisa melaju sampai dengan 80 km/jam. Contohnya, Selis Go+ dengan dinamo 2.000 bisa mencapai kecepatan maksimal 80 km/jam. Perlu diingat, kecepatan 80 km/jam bisa kamu gunakan di jalanan antarkota.

BACA JUGA:Danamon Tebar Promo Berlimpah Jelang HUT ke 68, Banyak Cashback!

Dengan memiliki motor Listrik kamu juga memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut: 

Kategori :