Bantu Atasi Masalah Pernapasan dan Batu Ginjal, Inilah Sederet Khasiat Daun Kumis Kucing yang Perlu Diketahui!

Sabtu 22-06-2024,13:08 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus ini sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Khasiat daun kumis kucing untuk penyembuhan beragam penyakit tentu sudah tak perlu diragukan lagi. 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kegunaan daun kumis kucing. Selain sebagai tanaman hias, tanaman yang memiliki bentuk bunga berwarna putih hingga keunguan ini dipercaya memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Maka tak heran apabila sejak dulu tanaman ini telah dikenal sebagai obat herbal bagi masyarakat Indonesia. Kumis kucing memiliki khasiat antiradang dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Khasiat ini berkat berbagai kandungan senyawa alami dalam kumis kucing, yang meliputi flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid.

BACA JUGA:

Kumis kucing berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit dan kondisi hingga merawat kulit. Berikut beberapa khasiat kumis kucing untuk kesehatan antara lain:

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kumis kucing yang lainnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan sinensetin di dalamnya berperan penting sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat. Khasiat ini akan membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin. Dengan meningkatnya pengeluaran cairan dan natrium dari tubuh, tekanan dalam pembuluh darah juga bisa berkurang. Oleh karena itu, kumis kucing dapat dimanfaatkan sebagai obat alami bagi penderita hipertensi.

Membantu Masalah Pernapasan

Manfaat daun kumis kucing pertama adalah sebagai pengobatan gangguan pernapasan seperti asma dan batuk. Penggunaan daun kumis kucing untuk mengobati penyakit pernapasan pun sudah dilakukan sejak lama. Untuk digunakan sebagai ramuan herbal melawan masalah pernapasan, daun dari kumis kucing sering dicampur dengan ramuan lainnya yang bekerja dengan sangat baik melawan masalah pernapasan.

Melancarkan Urin

Manfaat daun kumis kucing juga memiliki efek diuretik. Diuretik adalah suatu kondisi untuk membuang kelebihan cairan dan garam dalam tubuh melalui urine. Diperkirakan sinensetin dan tetrametoksi-flavon yang ada dalam daun kumis kucing membantu meningkatkan aliran urin dengan mengendurkan otot-otot dinding pembuluh internal. 

Mengatasi Masalah pada Ginjal

Ekstrak daun dan batang dari tanaman ini dapat mengatasi batu ginjal. Hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang ada dapat mencegah infeksi pada ginjal dan saluran kemih. Selain itu, daun kumis kucing saat diolah menjadi teh memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi alami, mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Alhasil, batu ginjal dapat menghilang. Bukan hanya itu, tanaman ini juga memiliki kandungan glikosida Orthosiphonin, yang mampu menjaga kesehatan ginjal dalam melarutkan asam urat, fosfat, dan oksalat. Dengan begitu, batu ginjal dapat diatasi dan juga dicegah untuk kambuh.

Kategori :