Menanamkan Nilai Keimanan dan Membangun Generasi Saleh Sejak Dini

Sabtu 08-06-2024,21:21 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Gatot Wahyu

BACA JUGA:

Pertama, metode mengenalkan dakwah melalui ceramah, diskusi, dan permainan sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. An-Nahl ayat 125 yang artinya: 

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik."

Kedua, metode pembiasaan dengan mengulang nilai-nilai keimanan secara berulang agar anak terbiasa melakukan hal-hal yang baik dan beriman. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

"Suruhlah anak-anakmu mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun. Pukullah mereka (jika tidak mau mengerjakan shalat) ketika mereka berusia sepuluh tahun. Dan pisahkanlah tempat tidur mereka." (HR. Abu Daud)

BACA JUGA:

Ketiga, metode nasihat yang efektif sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. An-Nahl ayat 125 yang artinya: 

"...dan nasihatilah mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang membekas pada jiwa mereka."

Keempat, metode perhatian dan pengawasan terhadap setiap kegiatan anak sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: 

"Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan menerapkan metode-metode ini secara konsisten dan berkelanjutan berdasarkan petunjuk Al-Quran dan hadits, orang tua dan guru dapat membantu anak-anak mengembangkan nilai-nilai keimanan yang kuat dan kokoh. 

Hal ini akan membentuk generasi yang beriman dan berbakti kepada Allah SWT, serta mampu menghadapi tantangan hidup dengan keyakinan yang teguh.

Kategori :