Bapanas: Generasi Muda Adalah Solusi Masalah Pangan dan Gizi

Minggu 21-04-2024,13:39 WIB
Reporter : Dery Sutardi
Editor : Dery Sutardi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam upaya menyelesaikan masalah pangan dan gizi, Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholders dan generasi muda.

Langkah ini dinilai penting sebagai kunci utama dalam  yang sangat penting di dalam upaya pencegahan Food Loss and Waste (FLW).

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nyoto Suwigyono menekankan peranan pemuda sangatlah penting dalam mendorong dan menumbuhkan kesadaran perilaku stop boros pangan untuk pencegahan FLW.

"Kolaborasi pentahelix dengan melibatkan berbagai unsur ABCGM (Academy, Business, Community, Government, and Media) mencakup unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), asosiasi, swasta, akademisi, media dan masyarakat secara sinergis dan berkelanjutan diyakini kunci penyelesaian masalah pangan dan gizï,” Ujar Deputi Nyoto saat menjadi Keynote Speech acara Better Life Festival yang diselenggarakan oleh LG Electronics Indonesia di Jakarta pada Jumat (19/04).

BACA JUGA:Inilah Makna dan Sejarah Hari Kartini yang Diperingati Setiap 21 April

Deputi Nyoto juga menekankan peranan pemuda sangatlah penting dalam mendorong dan menumbuhkan kesadaran perilaku stop boros pangan untuk pencegahan FLW.

Selain itu, peran dari sektor swasta juga dapat memperkuat dampak positif demi menyokong harapan Indonesia Emas 2045 dengan diawali dengan kesadaran dalam mengurangi boros pangan.

“Sinergi dengan sektor swasta memungkinkan kami untuk memperkuat dampak positif menuju masa depan cerah Indonesia Emas 2045 yang lebih berkelanjutan dengan diawali pentingnya kesadaran generasi muda untuk mencegah dan mengurangi food waste,” Ujar Deputi Nyoto.

Sejalan dengan Deputi Nyoto, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nita Yulianis menambahkan bahwa Gerakan Selamatkan Pangan yang merupakan Piloting Project di Jabodetabek telah digulirkan sejak 2022.

BACA JUGA:Giliran Organisasi KPI Polisikan Pendeta Gilbert Pasal ITE

Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia Jay Jang juga menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyasar anak-anak muda agar tidak hanya akan mendapatkan wawasan berharga tentang food waste, namun juga mempelajari langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan. (Binca Chairunisa)

Kategori :