Sudah Tau Belum? Bahan Apa Saja Sih yang Ada Dalam Obat Batuk?

Selasa 26-03-2024,16:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Ada dua jenis obat ekspektoran, yaitu:

 

1. Guaifenesin

Ekspektoran yang paling umum dan biasa  ditemukan dalam banyak obat batuk berdahak, pilek, dan flu biasa. Selain itu, guaifenesin juga merupakan bahan aktif dalam dekongestan yang bisa kamu beli tanpa resep dokter. Guaifenesin menghidrasi lendir untuk mengurangi rasa kelengketannya.

 

2. Kalium iodida

Ini adalah ekspektoran kuat yang memerlukan resep dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat ini bila kamu memiliki penyakit paru-paru kronis. Pasalnya, penyakit tersebut bisa menghasilkan dahak yang berlebihan yang bisa memperburuk penyakit, seperti asma, atau bronkitis. Kalium iodida juga membantu melonggarkan lendir dan membuatnya lebih mudah batuk.

Tips Agar Gejala Batuk Berdahak Cepat Hilang

Selain mengonsumsi obat batuk berdahak yang mengandung ekspektoran, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar gejala batuk berdahak cepat hilang:

 

1. Konsumsi mentol 

Mentol adalah bahan kimia alami yang berasal dari tumbuhan dalam keluarga min. Bahan ini umum ada di dalam obat batuk (pelega tenggorokan) dan sirup obat batuk.

Nantinya, mentol bisa memberi kamu sensasi dingin dan terkadang bisa meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi menentukan bahwa mentol bisa mengendurkan otot saluran napas, sehingga memungkinkan lebih banyak udara masuk ke sistem pernapasan untuk membantu meredakan batuk.

 

2. Perbanyak minum cairan

Kategori :