Youtube Lemot Waktu Livestreaming? Jangan-Jangan Ini Penyebabnya

Rabu 31-01-2024,12:00 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Terdapat dua metode yang digunakan youtube agar pengguna tidak menggunakan Ad Blocker.

Berikut ulasannya.

  1. Menggunakan pesan Pop up berbunyi "Ad blocker melanggar Syarat Layanan Youtube."
    Pesan ini kemudian akan menyarankan pengguna untuk melanjutkan menonton tanpa mematikan ad blocker.
  2. Memperlambat seluruh situs ketika ad blocker digunakan.
    Mereka menyebut cara ini sebagai "penonton suboptimal."

    

Keluhan Pengguna

Sebuah unggahan di Reddit mengungkap, beberapa pengguna merasakan streaming YouTube mendadak jadi lambat dan tidak responsif. Ketika mereka mulai menonaktifkan ad blocker, streaming video kembali berfungsi normal.

Redaksi pun mencoba isu ini dan ternyata memang benar.

YouTube terlihat berjalan lebih cepat. Sementara, ketika ad blocker dinyalakan, video buffering dengan sangat lambat, preview enggan memuat dengan benar dan masuk ke mode teater atau layar penuh tak bisa dilakukan tanpa refresh.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh timeout yang diatur secara artifisial dalam kode YouTube. Metode ini bertindak sebagai koneksi internet lambat. Meski tindakan oleh YouTube ini bukan yang terbaru, lebih banyak pengguna mulai melihat YouTube memakai taktik ini.

 

Pembaharuan Kebijakan Perihal Pelecehan dan Perundungan

YouTube memperbarui kebijakan mereka terkait pelecehan dan perundungan siber di platformnya.

Dalam kebijakan terbaru YouTube yang juga dimuat di laman Support Google, mereka membatasi konten yang mensimulasikan secara realistis kematian anak di bawah umur, atau korban peristiwa mematikan, atau kekerasan yang menggambarkan kematian mereka.

"Mulai 16 Januari, kami akan mulai menghapus konten yang secara realistis mensimulasikan mayat anak di bawah umur atau korban peristiwa bencana besar yang mematikan atau terdokumentasi dengan baik yang mendeskripsikan kematian atau kekerasan yang dialami," tulis YouTube.

 

 

Mengutip Tech Crunch, pada Kamis 11 Januari 2024, perubahan ini diterapkan usai beberapa konten bertema kriminal, menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), untuk menciptakan gambaran anak-anak yang meninggal atau hilang.

Kategori :