Tak Hanya Timor Leste, Inilah 6 Negara yang Pernah Jadi Bagian Indonesia, Apa Saja?

Selasa 26-12-2023,15:33 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Dery Sutardi

4. Malaysia 

Sementara itu, Malaysia juga memiliki ikatan sejarah dengan Sriwijaya, kerajaan maritim terbesar dalam sejarah Indonesia. 

Penaklukan Malaysia terjadi pada masa kekuasaan Raja Balaputradewa. 

BACA JUGA:

Sriwijaya, dengan wilayah kekuasaan yang luas, menjadi pusat perdagangan dan penyebaran agama yang sangat berpengaruh, sering kali disebut sebagai Nusantara di masa lalu. 

5. Kamboja 

Sriwijaya memainkan peran penting selama masa penaklukan Kamboja, sebagaimana dicatat oleh pendeta I Tzing yang singgah di kerajaan tersebut. 

Kekuasaan Sriwijaya meluas di Kamboja, memungkinkan perdagangan hasil alam seperti kapur barus, kayu gaharu, cengkih, kayu cendana, pala, dan kapulaga.

6. Brunei Darussalam 

Brunei Darussalam juga tercatat dalam sejarah Sriwijaya, dengan beberapa pemukiman di Teluk Brunei disebut sebagai Vijayanegara. 

Kitab Negarakretagama, yang ditulis oleh kerajaan Majapahit pada 1365, mencatat Brunei sebagai wilayah yang dikuasai oleh Majapahit setelah pelaksanaan Sumpah Palapa oleh Patih Gadjah Mada. 

Ini menunjukkan pengaruh besar Sriwijaya dan Majapahit dalam membentuk sejarah dan geopolitik wilayah Asia Tenggara, melibatkan perdagangan dan kekuasaan politik yang luas.

Itulah 6 negara yang dulunya pernah jadi bagian Indonesia dalam satu wilayah kekuasaan.

Kategori :