Presiden Lakukan Ground Breaking Pembangunan Polres Khusus di Pusat IKN , Provinsi Kaltim

Jumat 22-12-2023,10:05 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID -Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sekarang terus di kebut pembangunannya 

Paling baru, adalah Presiden RI Ir Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama (Groundbreaking) pembangunan Polres khusus IKN.  Letaknya berada di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. 

Gedung ini akan menjadi kantor utama bagi aparat Polisi setingkat Resort Kota dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari.  Selain itu pula sebagai upaya untuk  memperkuat kekebalan hukum dan meningkatkan stabilitas keamanan wilayah di IKN tersebut.

Peletakan batu pertama atau Groundbreaking Pembangunan Polres khusus IKN tersebut langsung dilakukan  Joko widodo bersama undangan antara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Kamis 21 Desember 2023. 

Presiden Jowoki saat memberi amanat mengatakan membangun Polres khusus di IKN sebagai jawaban untuk  peduli lingkungan sekaligus menjaganya. Konsep membangunnya menggunakan konsep Green Building atau bangunan hijau yang bermakna, aspek konstruksi, desain dan operasi bangunan berbasis lingkungan.

Tujuan utama dari konsep ini adalah keamanan lingkungan dan alam. Perangkat teknologi paling mutakhir dan terkini akan dipasang disetiap sudut gedung di Polres khusus di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN). CCVT akan terpasang di setiap sudut, memastikan pemantauan yang komprehensif.

BACA JUGA:Pemerintahan Pindah ke IKN Tinggalkan Aset Rp 300 Triliun di Jakarta, Kemenkeu : Wajib Dikembalikan

BACA JUGA:Joe Biden Ungkap Alasan Ibu Kota RI Harus Pindah ke IKN

BACA JUGA:Anies Belum Ada Jadwal Kampanye ke IKN

Tujuannya tidak lain untuk  memastikan keamanan, ruangan command center analisis articifial intelligence untuk mendukung tuga polisi dimasa depan.

Pembangunan dan penerapan teknologi canggih di Polres khusus IKN itu sambung Jokowi diharapkan bisa menjadi contoh, bagi Kota-kota lain di Indonesia.

Melalui peletakan batu pertama itu, harapannya adalah stabilitas keamanan dan perdamaian semakin diperkuat, menciptakan lingkungan yang aman bagi masyarakat.

Sekaligus dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat dan membuat kepercayaan aparat penegak hukum semakin kuat dalam penegakan Hukum di Indonesia. 

Harapan Presiden Joko Widodo melalui ground breaking Polres khusus ini adalah menjadi kekuatan penegakan hukum yang solid dan efektif, memberikan perlindungan maksimal bagi masyarakat serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan IKN sebagai pusat Pemerintahan yang baru di  negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

''Polres khusus ini akan diisi sekitar 750 personel, ''ungkap Jokowi  saat memberi sambutan.

Kategori :