Debat Capres 2024: Moment Anies Pamer Pencapaian, Jadi Gubernur yang Paling Banyak Beri Izin Rumah Ibadah Di DKI

Rabu 13-12-2023,09:38 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Debat Capres 2024 yang di selenggarakan KPU tadi malam (12/12) sangat menarik untuk disimak. Dari tiga paslon Capres semua semua tampil bergantian.

Debat dihelat di kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB. Dua jurnalis yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Dahniel ditunjuk menjadi moderator. Debat sendiri berlangsung selama 120 menit.

Ada yang menarik soal debat Capres tadi malam, terkait claim Anies baswedan. Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengaku menjadi gubernur DKI Jakarta yang paling banyak dalam memberikan izin mendirikan tempat ibadah. Pencapaian itu dipamerkan Anies ketika mendapat pertanyaan dari calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto. 

Anies menjelaskan lebih lanjut bahwa dirinya berkomitmen mengatasi masalah izin mendirikan tempat ibadah sejak menjabat gubernur DKI Jakarta. Upaya itu pun dilakukan untuk semua kelompok agama yang mengalami kendala.

BACA JUGA:

 

"Banyak kelompok agama, mulai dari Budha, Hindu, Kristen yang mengalami kesulitan mendirikan tempat ibadah, mereka menerima izin tempat ibadah dan bisa beribadah dengan baik," ujar Anies dalam debat pertama Pilpres 2024 di Kantor KPU, Selasa (12/12).

"Kalau boleh saya laporkan, dalam sejarah gubernur Jakarta, yang paling banyak memberikan izin rumah ibadah adalah Gubernur Anies Baswedan," ujarnya lebih lanjut.

Anies kemudian juga menekankan dirinya turut berbicara langsung dengan umat Islam hingga umat Kristen mengalami kesulitan mendirikan ibadah.

 

"Termasuk ketika umat Islam mau mendirikan masjid dan tidak mendapat izinnya, saya bicara. Ketika umat Kristen mau mendirikan gereja tidak mendapat izin, saya bicara," lanjutnya.

"Pak Prabowo kami sampaikan ketika kami di Jakarta ada izin gereja yang mandek 30, 40 tahun dan tuntas dibereskan. Banyak keluarga agama dari budha, hindu, kristen yang kesulitan tempat ibadah dan mendapatkan perizinan yang lebih baik," tegas Anies.

 

KPU menggelar debat perdana Pilpres 2024 dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Diketahui, debat perdana Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar Selasa, 12 Desember 2023, adalah debat khusus capres.

Kategori :