Profil Indra Wijaya, Pelatih PBSI Baru Sempat Mengharumkan Bangsa Indonesia

Rabu 22-11-2023,14:30 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sejak 1 Maret 2023 Indra Wijaya secara resmi sebagai pelatih tunggal putri tim nasional Badminton Indonesia. Bergabungnya Indra Wijaya ini pun sekaligus menjawab rasa penasaran terhadap posisi kepala pelatih tunggal putri. Sebab posisi kepala pelatih tunggal putri memang diketahui sudah cukup lama kosong.

Adapun dalam bertugas menangani para srikandi badminton, Indra Wijaya didampingi Herli Djaenudin, asisten pelatih tunggal putri. Sebelum kembali ke Tanah Air, Indra Wijaya sendiri selama ini menjadi pelatih tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Indra merasa sudah cukup banyak berbagi ilmu dengan pemain luar negeri. Ini saatnya ia membagikan ilmu yang ia miliki kepada para pemain Indonesia.

"Saya berpikir, saya bisa membagi ilmu ke orang luar, tapi kenapa saya tidak berbagi untuk negara saya sendiri," ujar Indra.

"Jadi senang bisa bergabung di sini. Kalau ditanya pengalaman di Pelatnas Cipayung, pastinya banyak sekali. Sebagai atlet saya dari pertama pelatnas ini buka, tahun 1992 sampai tahun 2000," tambahnya.

BACA JUGA:

Tantangan Indra Wijaya

Indra yang kenyang melatih di luar negeri seperti Korea Selatan dan Malaysia, mengaku tantangan besar memang menantinya tetapi ia meyakini semua dapat dibenahi dan tunggal putri Indonesia bisa kembali dipandang.

"Pastinya tantangan yang besar, kita tahu tunggal putri Indonesia masih banyak yang harus dibenahi. Semoga dengan pengalaman saya melatih di luar bisa dibawa ke sini untuk membangkitkan kembali sektor tunggal putri sesuai yang kita semua harapkan," ungkap Indra.

Ia merasa secara potensi tunggal putri Indonesia sebenarnya cukup menjanjikan. Namun, potensi itu harus dibina dengan baik untuk meraih prestasi dengan maksimal.

"Secara potensi, saya melihat anak-anak tunggal putri bagus dan menjanjikan. Tapi kembali lagi, ketika talenta bagus tapi tidak dibarengi dengan kerja keras dan komitmen yang kuat untuk berbuat baik untuk dirinya sendiri, ini menjadi tantangan buat mereka. Saya rasa ini yang harus saya tanamkan. Saya mau menjadikan tunggal putri Indonesia ini kembali dipandang seperti ganda putra ataupun tunggal putra," harap Indra.

BACA JUGA:

Profil Coach Indra Wijaya

Indra Wijaya sendiri adalah seorang pemain badminton Indonesia yang bermain di era tahun 1995-2000an. Yang artinya Indra Wijaya ini dulunya masih satu angkatan dengan Ardy B Wiranata dan Hariyanto Arbi.

Sukses di dunia tepok bulu, Indra Wijaya rupanya memang tumbuh besar dalam keluarga pemain bulu tangkis. Indra Wijaya bahkan tak lain adalah salah satu putra dari legenda bulutangkis yakni Hendra Wijaya.

Ayah Indra Wijaya yang adalah mantan pemain badminton ini juga memiliki klub bulu tangkis bernama Rajawali di Cirebon. Saudara Indra Wijaya yaitu Candra Wijaya, Rendra Wijaya, dan Sandrawati Wijaya juga sama-sama sukses manjadi pemain badminton top.

Dalam kariernya sendiri, Indra Wijaya tercatat pernah dua kali berturut-turut memperkuat Tim Thomas Cup Indonesia. Adapun seusai mengundurkan diri dari pelatnas Indonesia, Indra Wijaya juga empat memutuskan pindah ke Singapura dan mewakili negara tersebut.

Kategori :