Nasib Kereta Api Argo Parahyangan Usai Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Beroperasi

Selasa 21-11-2023,06:00 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemerintah telah resmi mengoperasikan kereta cepat  rute Jakarta-Bandung (Whoosh).

Kereta cepat ini terus diminati penumpang, buktinya penumpang membludak, hingga operator terpaksa menambah pengoperasian jadwal menjadi 36 jadwal perjalanan. Rinciannya 28 perjalanan reguler dan 8 perjalanan tambahan.

Dengan beroperasinya kereta cepat, membuktikan Indonesia semakin terus berupaya  untuk  meningkatkan kualitas pelayanan kereta api, terutama dari beroperasinya kereta  cepat yang bisa memangkas waktu lebih baik dibanding menggunakan kereta konvensional 

Hanya saja terbentik satu pertanyaan  setelah berjalannya operasional kereta cepat itu, bagaimana nasib kereta api Argo Parahyangan yang juga melayani rute Jakarta-Bandung (PP). 

BACA JUGA:

Vice Presiden Public Relation PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus menegaskan, walau telah ada kereta cepat, penoperasionalan kereta api jurusan Jakarta-Bandung (PP) menggunakan kereta Api milik KAI Argo Parahyangan tetap seperti biasa beroperasi, tidak terpengaruh dan belum  ada pengurangan jadwal,

"Sejauh ini KA Argo Parahyangan masih beroperasi secara normal, belum ada pengurangan jumlah armada, dan belum ada pengurangan jadwal operasional, kata dia kepada Tim RadarPena

Sekarang ini layanan kereta api jurusan Jakarta -Bandung (PP) sudah ada dua yakni pertama kereta cepat whoosh dan KA Argo Parahyangan yang keduanya akan saling melengkapi dalam melayani kebutuhan transportasi masyarakat antar dua kota tersebut dengan menggunakan kereta api.

Sudah tentu ini akan baik sekali bagi masyarakat terutama di Jakarta dan Bandung yang akan berpergian dengan menggunakan kereta api semakin banyak pilihan, menggunakan kereta cepat tetap oke, dan menggunakan kereta api Argo Parahyangan oke juga.

BACA JUGA:

Keduanya semakin memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat. Saat ini kereta cepat (whoosh) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sedangkan KA Argo Parahyangan memang dibuka untuk melayani transportasi kereta api Jakarta-Bandung.

Berdasarkan rekapan dari PT. KAI, Rute kereta api jurusan Jakarta-Bandung (PP) pada moment akhir pekan atau weekend atau Jumat sampai dengan Minggu mencatatkan jumlah penumpang yang cukup signifikant.

Rata-rata per hari jumlah penumpang dapat menembus 6000 sampai dengan 7000 orang, menggunakan Argo Parahyangan Jakarta-Bandung. Sedangkan rata-rata untuk  jumlah penumpang mulai senin-Kamis atau pada hari kerja  mencapai 4000- 5000 penumpang.

Kategori :